Kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi covid 19 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil

Yurri Apriana Rudiansyah, Gili Argenti, Kariena Febriantin

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan publik di masa pandemi, pelayanan publik difokuskan pada pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Dengan munculnya penyebaran virus Covid - 19 yang mengakibatkan pelayanan berlangsung dalam waktu yang relatif pendek. Pada pertengahan bulan Maret 2020 pemerintah telah  menerapkan  social distance dan stay at home hingga awal Mei 2020. Pandemi Covid -19 ini, terjadi diseluruh dunia dan dampaknya luar biasa dirasakan, Akibat banyaknya instansi penyelenggara layanan  publik yang membatasi layanan, baik  instansi   pemerintah  maupun  swasta  telah  menginisiasi layanan online bahkan sampai meniadakan pelayanan sementara, menjadi satu fenomena yang harus dilakukan. Disdukcapil Kabupaten Karawang sebagai penyedia pelayanan bagi masyarakat terkendala pada saat situasi masa pandemi Covid – 19. Untuk menganalisis dan mengetahui kualitas pelayanan kependudukan di masa pandemi Covid - 19 ini, penulis mengumpulkan data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara berdasarkan dimensi kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml dalam Boediono (2003:114) yaitu, tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif diharapkan penulis mampu menghasilkan data yang berupa kata – kata atau tulisan yang sifatnya menjelaskan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi Covid – 19 di Disdukcapil Kabupaten Karawang.


Keywords


Kualitas pelayanan; disdukcapil

References


Karawang.web.go. "Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang." https://www.karawangkab.go.id/dokumen/dinas-kependudukan-dan-pencatatan-sipil.

Hardiansyah. 2018. “Kualitas Pelayanan Publik Konsep Dimensi Indikator Dan Implementasinya.†Gava Media: 250. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/23790/Chapter%20I.pdf.?sequence=4.

Muchlisin Riadi. 2019. “Asas, Prinsip, Standar Dan Jenis Pelayanan Publik.†https://www.kajianpustaka.com/2019/10/asas-prinsip-standar-dan-jenis-pelayanan-publik.html.

Harius Eko Saputro, 2015. "Kualitas Pelayanan Publik." Jurnal Profesional FIS UNIVED.

Joko Tri Nugraha, 2018. "E - Goverment Dan Pelayanan Publik." Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media.

Sinambela, Lijan P. Rochadi, (2006). Reformasi Pelayanan Publik: “Teori, Kebijakan, dan Implementasiâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuriko Abdussamad, 2018. "Sistem PelayananAdministrasi." Jurnal Administrasi Publik

Hardiansyah, 2011. "Kualitas Pelayanan Publik". Yogyakarta: Gava Media.

Miles & Huberman, 1992. “Analisis Data Kualitatifâ€. Jakarta: UI-Press.

Subarsono, 2008. "Analisa Pelayanan Publik, Konsep, Teori, dan Aplikasi".Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumber Lain :

Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038).

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 124, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4674).

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-UndangNomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2013 Nomor 232, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5475)

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Layanan Publik.

Peraturan Bupati Karawang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, (Berita Daerah Kabupaten Karawang Tahun 2014 Nomor : 2014).

Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, (Lembaran Daerah Kabupaten Karawang Tahun 2017 Nomor : 4).




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yurri Apriana Rudiansyah, Gili Argenti, Kariena Febriantin


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja