Analisis kualitas pelayanan publik bagian kependudukan di kecamatan cibitung bekasi
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.10071Keywords:
Kecamatan cibitung, kependudukan, pelayanan publikAbstract
Artikel ini mengkaji tentang pelayanan publik di suatu lembaga pemerintahan. Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik salah satunya di bidang kependudukan. Kendala, dalam memberikan pelayanan publik di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi yaitu terkendala pada terbatasnya kemampuan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dalam bidang Teknologi Informasi sehingga terdapat keterlambatan dalam pembuatan kartu keluarga. Tujuan dalam artikel ini yaitu untuk menganalisi serta mengkaji kualitas pelayanan publik di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Metode dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil kajian dalam artikel ini yaitu pelayanan public yang dilakukan oleh Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi yang berkaitan dengan kesadaran pegawai, adanya aturan, faktor organisasi, faktor kemampuan dan ketrampilan, faktor sarana pelayanan dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal yang harus ditingkatkan yang berkaitan dengan sumber daya manusia yang berarti aparat pemerintahan Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.
References
Botutihe, N. (2017). Analisis Efektivitas Pelayanan Publik Pada Rumah Sakit Aloe Saboe Provinsi Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31314/PJIA.6.1.1-12.2017
Djamrut, D. E. (2015). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1472–1486.
Hidayattullah, B. H. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Wonocolo Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(2), 734–739. https://doi.org/10.30996/jpap.v3i2.1253
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. (n.d.). Retrieved September 11, 2021, from http://bpkp.go.id/pustakabpkp/index.php?p=show_detail&id=13006
Kumayza, T. N. (2014). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. MAHAKAM: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1). https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/mahakam/article/view/82
Moenir, D. (2006). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Mohi, W. K., & Mahmud, I. (2018). Kualitas Pelayanan Publik di Desa Potanga Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Publik : (Jurnal Ilmu Administrasi), 6(2), 102. https://doi.org/10.31314/pjia.6.2.102-110.2017
Norliani, E. (2021). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PEMERINTAHAN DESA CAHAYA BARU KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA.
Sinambela, L. P. (2014). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
SKRIPSI_ANDI_SUPRIADI.pdf. (n.d.).
Zamroni, A., & Widodo, R. p. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Dinoyokecamatan Lowokwaru Kota Malang). Respon Publik, 13(2), 75–82. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/2127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.