Implementasi program tangerang berbenah oleh dinas perumahan dan permukiman (Disperkim) dalam mewujudkan kota layak huni

Eka Kurnia Putra, Maulana Rifai, Kariena Febriantin

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mengambarkan dan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Program Tangerang Berbenah oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) dalam Mewujudkan Kota Layak Huni. Metode yang digunakam dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer yang bersumber dari data informan secara langsung dan data sekunder dari data pendukung. Penelitain ini dilakukan dengan observasi, wawancara yang mendalam terhadap narasumber serta diperkuat dengan dokumentasi dan didukung oleh data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Tangerang Berbenah oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) dalam Mewujudkan Kota Layak Huni terlaksana dengan baik, hal itu terlihat dari program bedah rumah yang setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan, walaupun tidak menutup kemungkinan terdapat kekurangan dalam proses pengimplementasian program tersebut.


Keywords


Implementasi; program tangerang berbenah; kota layak huni

References


Dewi Zuliyanti (2017) “Implementasi Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Sebagai Model Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat”. http://repository.radenintan.ac.id.

Fikra Sutan Purnama (2017)” Partisipasi Masyarakat Kelurahan Perigi Kecamatan Pondok Aren Kota Tanggerang Terhadap Program Pemberdayaan Kota Tanpa Kumuh”. http://repository.uinjkt.ac.

Leo Agustino, 2017. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alvabeta, CV

Subarsono, A.G.2005, Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori Dan Aplikasi. Pustaka Belajar: Yogyakarta

Peraturan Walikota (PERWALI) tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pembangunan/ Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Sugiono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

https://www.megapolitanpos.com/detail/13922/kementerian-pupr-menjadikan-program-tangerang-berbenah-menjadi-pilot-project (diakses pada tanggal 9 November 2019 pada pukul 4.30 wib)

https://www.penamerdeka.com/433223/dinas-perkim-kota-tangerang-realisasi-kota-layak-huni.html (diakses pada tanggal 9 November 2019 pada pukul 6.30 wib)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/29/jumlah-penduduk-indonesia-269-juta-jiwa-terbesar keempat-dunia (diakses pada tanggal 9 November 2019 pada pukul 10.30 wib.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i4.11908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Kurnia Putra, Maulana Rifai, Kariena Febriantin


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja