Efektivitas program pkbm terhadap kualitas hidup masyarakat kabupaten Karawang

Shasa Aryanti, Kariena Febriantin

Abstract


Pendidikan non formal merupakan pendidikan kegiatan belajar mengajar yang diadakan diluar sekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik tertentu untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, latihan, dan bimbingan sehingga mampu bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan negara. Salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada di Kabupaten Karawang ialah satuan pendidikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang mana program ini dijalankan oleh swadaya masyarakat. Penelitian ini akan mendeskripsikan dan menganalisis terkait dengan efektivitas program PKBM sendiri di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian bahwa program PKBM di Kabupaten Karawang sendiri sudah berjalan cukup efektif dan berhasil baik dari aspek tugas atau fungsinya, aspek ketentuan dan peraturan, aspek rencana atau program serta aspek tujuan dan kondisi ideal dari program PKBM sendiri.


Keywords


Pendidikan non formal; pkbm; efektivitas

References


Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta. Disikpora. Tugas dan fungsi Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga. http://disdikpora.banglikab.go.id/index.php/profil/58/TUGAS-POKOK-DAN-FUNGSI-DINAS-PENDIDIKAN-PEMUDA-DAN-OLAHRAGA-KABUPATEN-BANGLI.html. Diakses pada 22 November 2019

Disdikpora. Visi dan Misi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Karawang. https://www.karawangkab.go.id/dokumen/dinas-pendidikan-pemuda-dan-olahraga Diakses pada 22 November 2019.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.9838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shasa Aryanti, Kariena Febriantin


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja