Anteseden brand trust dan implikasinya terhadap brand loyalty pada pengguna kartu pascabayar

Authors

  • Veronika Veronika Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
  • Syarifah Hudayah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Irwan Gani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v20i1.12871

Keywords:

Brand awareness, brand image, brand trust, brand loyalty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Anteceden Brand trust dan implikasinya terhadap Brand Loyalty . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan path analysis yang dioleh dengan software SPSS statistik versi 22.0 dan Structural Equation Modelling (SEM) atau IBM SPSS amos 23 . Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 144 responden yang tersebar  di Kota Samarinda, mereka adalah Pelanggan pasca bayar kartu halo  dikota samarinda, pengukuran menggunakan skala likert dengan skor 1-5. Dalam penelitian ini juga dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, selanjutnya dilakukan uji estimasi dan uji struktural model fit.  Berdasarkan model structural kami menemukan, Brand Awareness dan Brand Image Berpengaruh positive signifikan terhadap Brand Trust dan Brand Loyalty

References

Aaker, David A., (1996), “Building Strong Brands”, New York: The Free Press

Arbuckle, J.L. and Wothke, W.(1999). AMOS users guide version 4.0. Chicago,

Durianto, D., (2004). Brand Equity : Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony, Simanjuntak, “Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

Durianto,Darmadi, Sugiarto dan Tony Sitinjak. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Engel, James F., et.al. 1994. Consumer Behavior. Diterjemahkan oleh F.X. Budiyanto.

Freddy.(2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtamaIL: Small Water.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13,

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta,Prehallindo.

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks., New Jersey.

Kotler, Phillip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga

Morgan R.M, dan Hunt (1994). The Commitment Trust Theory of relationship marketing. Journal Of Makreting 55. Pp 20-38

Mowen, John, C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

Rempel, J. K., Holmes, J. G., & Zanna, M. P. (1985). Trust in Close Relationships. Journal of Personality and Social Psychology, 49(1), 95-112.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. 2000. Consumer Behavior. Fifth Edition, Prentice-Hall Inc. New Jersey

Setiadi, Nugroho J. 2003, Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.

Sugiyono, 1997, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta

Supranto, 2011, Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta

Tjahyadi, Rully Arlan. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Hubungan Pelanggan -Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1,Nov 2006 (Staf Pengajar Fakultas EkonomiUniversitas Kristen Maranatha Bandung)

Published

2023-02-17

How to Cite

Veronika, V., Hudayah, S., & Gani, I. (2023). Anteseden brand trust dan implikasinya terhadap brand loyalty pada pengguna kartu pascabayar. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20(1), 69–76. https://doi.org/10.30872/jkin.v20i1.12871

Issue

Section

Articles