Faktor-faktor yang mempengaruhi belanja daerah di Kabupaten Kutai Timur

Noor Saima Hartini, Syarifah Hudayah, Diana Lestari

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk munguji kembali dan menganalisis Faktor - Faktor  Yang Mempengaruhi Belanja Daerah Di Kabupaten Kutai Timur. Penelitian dilakukan menggunakan analisis regresi berganda terhadap data Kabupaten Kutai Timur selama periode 2016-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Dana Alokasi Umum (DAU) menunjukkan koefisiensi regresi sebesar 19,229. Hal ini menunjukkan setiap kenaikkan 1% maka nilai belanja daerah akan mengalami kenaikan sebesar 19,229. Dengan asumsi semua variabel independen tetap. Variabel Dana Alokasi Khusus (DAK) menunjukkan koefisiensi regresi sebesar -0,212. Hali ini menunjukkan setiap kenaikan 1% maka nilai belanja daerah akan mengalami penurunan sebesar -0,212. Dengan asumsi semua variabel independen tetap. Variabel Dana Bagi hasil (DBH) menunjukkan koefisiensi regresi sebesar 0,240. Hal ini menunjukkan setiap kenaikkan 1% maka nilai belanja daerah akan mengalami kenaikan sebesar 0,240. Dengan asumsi semua variabel independen tetap.Variabel Pendapatan Asli Daerah (PAD) menunjukkan koefisiensi regresi sebesar 4,032. Hal ini menunjukkan setiap kenaikkan 1% maka nilai belanja daerah akan mengalami kenaikkan sebesar 4,113. Dengan asumsi semua variabel independen tetap.


Keywords


Dana alokasi umum; dana alokasi khusus; dana bagi hasil; pendapatan hasil daerah; belanja daerah

References


Afrizawati 2012. Analisis Flypaper Effect Pada Belanja Daerah Kabupaten di Sumatera Selatan. Journal Ekonomi dan InformasiAkuntansi.Vol 2 No 1.

Bratakusumah, Deddy Supriadi. 2004. Otonomi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Deni. 2014. Flypaper Effect: Fenomena Serial Waktu Dan Lintas Kabupaten Kota Di Jawa Timur 2003-2013. Jurnal Akuntansi Universitas Jember. Vol. 12 No. 2.

Ndadari, Oktavia, Laras Wulandan Adi, PriyoHari. 2008. Perilaku Asimetris Pemerintah Daerah terhadap Transfer Pemerintah Pusat. The 2nd National Conference UKWMS Surabaya.

Sukirno, Sadono. 2006. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suparmoko. 2010. Ekonomi Publik Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Andi.

Suryana. 2001. Ekonomi Pembangunan: Problematika dan Pendekatan. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Tarigan, Robinson. 2004. Ekonomi Regional:Teori & Aplikas. Jakarta: Bumi Aksara

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Vol. 1, No. 2, (2016)

Halim, Abdul. 2008. Akuntansi Keuangan Daerah Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajat. 2004. Otonomidan Pembangunan Daerah. Jakarta: Erlangga.

Kurnia Eka Daddy dan Candra Fajri Ananda. 2013. Analisis Flypaper Effect Berdasarkan Pemetaan Indeks Kemampuan Keuangan Dan Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di JawaTimur). Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Maimunah, Mutiara. 2006. Flypaper Effect Pada Dana AlokasiUmum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (P AD) Terhadap Belanja Daerah Pada Kabupaten Di Pulau Sumatra. Journal Simposium Nasional Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i3.11292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Noor Saima Hartini, Syarifah Hudayah, Diana Lestari


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja