Optimalisasi Daya Tarik Usaha Kecil melalui Desain Visual yang Menarik dan Pemanfaatan Teknologi QR Code: Studi Kasus Warung Es Karpotek Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/abdimu.v4i1.15403Keywords:
UMKM, QRIS, Visualisasi Usaha, DigitalisasiAbstract
Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal. Namun, di era digital, UMKM perlu meningkatkan daya tarik usaha melalui visualisasi yang menarik dan sistem pembayaran modern. Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan tampilan visual dan menerapkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran digital pada UMKM di Jalan Kemangi, Samarinda. Metode yang digunakan meliputi analisis lapangan, diskusi, sosialisasi, serta implementasi desain banner dan aktivasi QRIS. Hasil kegiatan diharapkan dapat meningkatkan visibilitas, efisiensi operasional, dan kepercayaan pelanggan. Meskipun ada tantangan teknis seperti kebutuhan perangkat dan akses internet, manfaatnya jauh lebih besar. Integrasi visual dan teknologi digital menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing UMKM
References
Alifia, N., Permana, E., & Harnovinsah. (2024). Analisis Penggunaan QRIS terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 9(1), 102–115.
Badri, R. E., Pratisti, C., & Putri, A. S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268
Dwijayanti, A., Anhalsali, S., Rahayu, E. D., Munawar, Z., Komalasari, R., Pramesti, P., & Juliawati, P. (2022). Manfaat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Nasabah di Bank Jabar Banten (BJB). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(2), 256–264. https://doi.org/10.38204/atrabis.v8i2.1155
Gainau, P. C., Engko, C., & Gaspersz, Y. T. (2024). Sistem pembayaran QRIS sebagai upaya pengembangan UMKM di kota Ambon. Journal of Business & Banking, 13(2), 177–191. https://doi.org/10.14414/jbb.v13i2.3766
Gunawan, C. M. (2017). Studi Komparatif Pengaruh Perubahan Tampilan Visual Desain Interior Gerai Coach terhadap Minat Beli Konsumen di Surabaya. JURNAL INTRA, 5(1), 41-48.
Ismail, K., Rohmah, M., & Ayu Pratama Putri, D. (2023). Peranan UMKM dalam Penguatan Ekonomi Indonesia. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(2), 208–217. https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.14344
Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society Dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial). Jurnal Signal, 8(2), 134. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3490
Perdana, G. N. R., Irawan, B., & Nizar Hidayat, M. (2023). Inovasi Aplikasi Bebaya untuk Pemulihan Perekonomian UMKM di Kota Samarinda. Matra Pembaruan, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.21787/mp.7.1.2023.1-12
Prameswari, A., Hsb, D. N., Bayani, L. N., & Nurbaiti. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E-Wallet (Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU Medan). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 126–139. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v2i2.191
Raihana, J. N., & Azzahra, N. A. (2025). Transformasi Digital UMKM Desa : Integrasi Desain Visual serta Edukasi Digitalisasi di Muara Badak Ilir. Jurnal Abdimas Lamin, 3, 100–115.
Salman, S., & Deniaty Sholihah, D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Pada UMKM Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2179–2184. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2536
Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage, 3(1), 23. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1240
Wijoyo, H., Suryanti, Rakhmatulloh, A. R., Haryati, D., Indrawan, I., Aprianto, I., Pranata, J., Lisnani, Mahdayeni, Marzuki, Mulyono, S., Srikalimah, Mildawani, I., & Irzawati, I. (2016). Dampak Pandemi Terhadap Kehidupan (H. Wijoyo (Ed.)). INSAN CENDEKIA MANDIRI.
Yunita, G. (2022). PENGARUH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ESTETIKA DALAM DAYA BELI KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL. JURNAL Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 4, 1. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.52005/dasarrupa.v4i2.138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asnawati, Mohammad Arsyad, Raven Naufal Azka, Muhammad Haiqal Aulia Risian, Muhammad Zainuri, Rifky Fadlian Noor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.