Pendampingan Pembuatan Akun E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Diva Shop Bengkuring, Kota Samarinda

Authors

  • Syaharuddin Y Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Purwadi Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Ananda Lydia Putri Salwa Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Delfindo Putra Meddy Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Desvita Putri Maharani Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Dita Alya Sulistiara Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Maftuah Agus Dwiyanti Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.
  • Sabrina Perlita Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdimu.v4i1.15402

Keywords:

UMKM, E-commerce, Pendampingan Digital

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi tantangan dalam adopsi teknologi digital termasuk e-commerce. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi UMKM Diva Shop di Bengkuring, Samarinda, dalam memanfaatkan platform e-commerce guna meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil pendampingan menunjukkan UMKM Diva Shop berhasil membuat akun e-commerce di Shopee serta memahami strategi pengelolaan toko online. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendampingan teknis secara langsung dapat meningkatkan literasi digital UMKM dan memperluas peluang pasar

References

Arief, M., & Priyono, I. (2020). Digital Marketing untuk UMKM: Strategi dan Praktik Efektif. Penerbit ANDI.

Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445– 464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105

Google & Bain & Company. (2022). e-Conomy SEA Report.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2023). Panduan Digitalisasi UMKM.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Nengsih, W., Priyono, S., Wahdini, N., Madiistriyatno, H., & Januarianto, B. T. (2024). Digital Marketing Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Jurnal Manajemen, 11(3), 170-174.

Purbantina, A. P., Prameswari, D. R., Ayunique, I. M., & Firmansyah, M. G. (2022).

Penerapan digital marketing & mix marketing strategy untuk perluasan pasar dan peningkatan daya saing UMKM. Jabn, 3(1).

Susanto, B. F., Muchlis, Raju Maulana, Fauzan, M., & Widyawati. (2024). Strategi

Pemasaran Produk Umkm Berbasis Digital Di Kabupaten Indragiri Hilir: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Analisis Manajemen, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.32520/jam.v10i1.3584

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of small business and enterprise development, 22(4), 633-651.

World Bank. (2021). Digital Transformation of MSMEs in Developing Countries.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Y, S. Y., Purwadi, P., Salwa, A. L. P., Meddy, D. P., Maharani, D. P., Sulistiara, D. A., … Perlita, S. (2025). Pendampingan Pembuatan Akun E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Diva Shop Bengkuring, Kota Samarinda. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.30872/abdimu.v4i1.15402

Issue

Section

Articles