Pendampingan Pembuatan Akun E-Commerce untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Diva Shop Bengkuring, Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/abdimu.v4i1.15402Keywords:
UMKM, E-commerce, Pendampingan DigitalAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi tantangan dalam adopsi teknologi digital termasuk e-commerce. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi UMKM Diva Shop di Bengkuring, Samarinda, dalam memanfaatkan platform e-commerce guna meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil pendampingan menunjukkan UMKM Diva Shop berhasil membuat akun e-commerce di Shopee serta memahami strategi pengelolaan toko online. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendampingan teknis secara langsung dapat meningkatkan literasi digital UMKM dan memperluas peluang pasar
References
Arief, M., & Priyono, I. (2020). Digital Marketing untuk UMKM: Strategi dan Praktik Efektif. Penerbit ANDI.
Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445– 464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105
Google & Bain & Company. (2022). e-Conomy SEA Report.
Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2023). Panduan Digitalisasi UMKM.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Nengsih, W., Priyono, S., Wahdini, N., Madiistriyatno, H., & Januarianto, B. T. (2024). Digital Marketing Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Jurnal Manajemen, 11(3), 170-174.
Purbantina, A. P., Prameswari, D. R., Ayunique, I. M., & Firmansyah, M. G. (2022).
Penerapan digital marketing & mix marketing strategy untuk perluasan pasar dan peningkatan daya saing UMKM. Jabn, 3(1).
Susanto, B. F., Muchlis, Raju Maulana, Fauzan, M., & Widyawati. (2024). Strategi
Pemasaran Produk Umkm Berbasis Digital Di Kabupaten Indragiri Hilir: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Analisis Manajemen, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.32520/jam.v10i1.3584
Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of small business and enterprise development, 22(4), 633-651.
World Bank. (2021). Digital Transformation of MSMEs in Developing Countries.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syaharuddin Y, Purwadi, Ananda Lydia Putri Salwa, Delfindo Putra Meddy, Desvita Putri Maharani, Dita Alya Sulistiara, Maftuah Agus Dwiyanti, Sabrina Perlita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
