Strategi Peningkatan Pemahaman Teknologi pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Muhammadiyah I Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.30872/abdimu.v3i1.15257Keywords:
Pemahaman Teknologi, Kompetensi, Pembelajaran AkuntanAbstract
Keberhasilan pembelajaran merupakan tujuan dari proses pembelajaran. Salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran adalah media pembelajaran berbasis teknologi. Saat ini berbagai media belajar berbasis teknologi telah tersedia seperti aplikasi pembelajaran online melalui zoom meeting, google meet, microsoft teams. Selain itu berbagai teknologi penunjang evaluasi pembelajaran juga tersedia seperti Kahoot, Quizzis, Google Form, Zuvgrade, Plickares, Formatife, dan lainnya. Banyaknya pilihan media pembelajaran dapat disesuaikan dengan relevansi, kemampuan guru, kemudahan penggunaan, ketersediaan dan kebermanfaatan media dalam proses pembelajaran. Akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang menakutkan bagi beberapa siswa karena dianggap sulit dan rumit. Padahal akuntansi tidak rumit sama sekali, hanya butuh ketrampilan, ketelitian dan pemahaman konsep serta cara penyelesaiannya. Hal ini menjadi tantangan bagi para guru akuntansi untuk lebih “melek” teknologi terhadap media pembelajaran yang dapat proses belajar dan tercapainya keberhasilan pembelajaran. Hal inilah yang mendorong Ikatan Cendekiawan Muda Akuntansi (ICMA) untuk memberikan pendampingan kepada para guru akuntansi dalam memilih media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan dan proses pembelajaran akuntansi.
References
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. 5(1), 75–84.
Irmayana, A., & Aini, N. (2022). PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA GURU SMA SOMBA OPU GOWA Abstrak. 05(01), 1–12.
Nasution, L. (2018). PENYULUHAN MODERENISASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SDN 101808 DESA
CANDIREJO KECAMATAN Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pe. Prosiding Seminar Nasional Hasil
Pengabdian 2018.
Oktaviana, D. (2022). Pemantapan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran dan penulisan laporan penelitian tindakan kelas berbasis scamper. 2019, 322–334.
Siahaan, M. M. (2024). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI ERA MERDEKA BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA GURU-
GURU. Communnity Development Journal, 5(1), 473–478.