Pengembangan Program Edukasi Keuangan: Studi Kasus tentang Pengetahuan dan Perilaku Keuangan pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.30872/abdimu.v3i1.15203Keywords:
Edukasi Keuangan, Remaja, Pengetahuan Keuangan, Perilaku KeuanganAbstract
Pengetahuan dan perilaku keuangan yang baik sejak dini menjadi salah satu hal penting bagi remaja dalam mempersiapkan masa depan keuangan yang lebih baik. Akan tetapi, masih banyak remaja yang masih minim pengetahuan serta memiliki perilaku keuangan yang buruk. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan program edukasi keuangan pada remaja guna meningkatkan pengetahuan dan perilaku keuangan mereka. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku keuangan yang positif pada remaja setelah mengikuti program edukasi keuangan. Kesimpulannya , program edukasi keuangan efektif dalam meningkatkan pengetahuan serta melakukan perubahan pada perilaku keuangan remaja.
References
Amelia, S. (2020). Analisis Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Berdasarkan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Dengan Menggunakan Variabel Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(3): 33-45. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma
Astuti, K. D. (2018). Tingkat Kesadaran Mahasiswa Dalam Menyusun Perencanaan Keuangan Pribadi (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi, Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. http://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/30032/
Kusumadyahdewi. (2019). Pengetahuan Keuangan di Kalangan Mahasiswa. April 2019. JPIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 2(2):118. DOI:10.18860/jpips.v2i2.6839
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1): 76-85. DOI: https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76-85
Natalia, D. E., Murni, S., & Untu, V. N. (2019). Analisis Tingkat Literasi dan Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi. Jurnal Emba, 7(2): 2131-2140. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.24018
OJK. (2024). 4 Tips Mengelola Keuangan yang Cocok dengan Karakteristik Gen Z. Diakses pada 09 Juni 2024, dari https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/4-tips-mengelola-keuangan-yang-cocok-dengan-karakteristik-gen-z
Ratnaningtyas, H., Bilqis, L. D. R., & Swantari, A. (2022). Perencanaan Keuangan Pribadi Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 141–147. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1770
Rohaniah, Y., & Rahmaini. (2021). Sosialisasi Manajemen Keuangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19. Abdi Moestopo Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1): 45-49. DOI: https://doi.org/10.32509/am.v4i1.1371
Wijayanti., Agustin, G., & Rahmawati, F. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, IPK dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1): 87-96. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1625
Wulandari, F. A., & & Sutjiati, R. (2014). Pengaruh Tingkat Kesadaran Masyarakat Dalam Perencanaan Keuangan Keluarga Terhadap Kesejahteraan (Studi pada Warga Komplek BCP, Jatinangor). Jurnal Siasat Bisnis, 18(1): 21-31. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss1.art3