Penerapan Digital Marketing terhadap Pedagang UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30872/abdimu.v3i1.15138Keywords:
Digital marketing, UMKM, Gojek, Facebook, PublikAbstract
Saat ini, Indonesia telah memasuki era digital. Oleh karena itu, penerapan digital marketing sangat penting bagi orang-orang yang menjalankan bisnis untuk mempromosikan produknya dan memperluas pasarnya. Namun, masih ada orang yang menjalankan bisnis yang tidak menyadari pentingnya menerapkan digital marketing dalam bisnis mereka. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode edukasi publik dan mediasi. Edukasi masyarakat yang dimaksud adalah memberikan pemahaman kepada UMKM "Sempol Ndeso" mengenai penerapan digital marketing (media sosial seperti facebook) dan pemahaman tentang perangkat promosi seperti standing banner. Kemudian, metode mediasi adalah menjadi mediator antara UMKM "Sempol Ndeso" dan pihak Gojek. Hasil dari layanan ini adalah UMKM "Sempol Ndeso" telah menerapkan digital marketing dalam bentuk promosi di media sosial seperti Facebook dan menjadi mitra Gojek, juga mereka menggunakan standing banner sebagai alat promosi fisik. Dengan cara ini, UMKM "Sempol Ndeso" dapat memperluas pasarnya.
References
Woelandari, D. S., & Setyawati, N. W. (2018). Sosialisasi menggunakan media sosial berbasis digital. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5.
JURNAL INTEGRITAS PKM, x(x), 20xx, pp. 1-7. | 7
Fatimah, N. S., Anisa, S. N., & Hartini, S. (2019). Strategi Pemasaran Digital Dalam Upaya Memasarkan Produk UMKM Boyolali Melalui Pemanfaatan Media Digital. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(05), 101-110.
Hastuti, S. (2021). Hastuti, S. (2021). Penerapan Cost Reduction Strategies Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kota Bogor (Studi pada Anggota UMKM di Komunitas Kefir Bogor). JURNAL LENTERA BISNIS, 10(1), 78-102.. 10. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.394
Destamar, D. L., Aryani, L., & Pusporini, P. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Gojek Fitur GoFood. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1744-1758.