Optimalisasi Pengetahuan Keuangan Bagi Mahasiswa dalam Rangka Literasi Keuangan

Authors

  • Lena Erdawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Imam Mujamil Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdimu.v3i1.15130

Keywords:

Bank, Pengawas Perbankan, Perlindungan Konsumen, Perencanaan Keuangan

Abstract

Global Findex Report 2021 dari Bank Dunia menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman terhadap aspek keuangan dapat menghambat pemanfaatan produk keuangan secara optimal dan meningkatkan risiko yang terkait dengan produk tersebut. Dalam konteks ini, literasi keuangan menjadi kunci krusial untuk memahami, mengelola, dan memitigasi risiko terkait produk keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi keuangan di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melalui sosialisasi dan pemaparan materi tentang berbagai aspek perbankan dan perlindungan konsumen di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses edukasi yang sukses dapat meningkatkan pemahaman peserta terhadap lembaga keuangan, badan pengawas perbankan, perlindungan konsumen, dan perencanaan keuangan. Peningkatan pemahaman ini dicapai melalui presentasi materi yang komprehensif dan interaktif, serta diskusi yang memungkinkan peserta untuk mengajukan pertanyaan dan mengklarifikasi konsep. Makalah ini menekankan pentingnya pendidikan dan pemahaman yang baik dalam memastikan partisipasi yang cerdas dan berdampak dalam sistem keuangan dan perbankan. 

References

The World Bank. (2021). Global Findex Database 2021. Retrieved from https://globalfindex.worldbank.org/

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Retrieved from https://www.ojk.go.id/

Otoritas Jasa Keuangan. (2023). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 3 Tahun 2023 Tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan Masyarakat. Retrieved from https://www.ojk.go.id/

Ali, A. J., & Soetanto, D. P. (2019). Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia: Sejauh Mana dan Bagaimana Upaya Peningkatan. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 23(1), 1-13.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5-44.

Suparman, A., & Lubis, A. R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Individu: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan, 10(2), 121-136.

Chitekwe-Biti, B., & Sigauke, C. (2015). Financial Literacy Education: A Tool for Consumer Protection in the Financial Services Industry. International Journal of Business and Management Invention, 4(12), 35-40.

Kusumaningtuti, D., & Kristianto, T. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan dan Dampaknya terhadap Keputusan Investasi di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(1), 46-59.

Nazarudin, M. R., & Mukhtar, S. (2019). The role of financial literacy education in enhancing financial inclusion in Indonesia. International Journal of Economics, Commerce and Management, 7(2), 122-133.

Soelistyo, L., & Sunarjanto, A. (2017). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi di Surabaya. Jurnal Ekonomi, 22(1), 1-13.

U.S. Securities and Exchange Commission. (2021). The Basics of Saving and Investing: Investor.gov. Retrieved from https://www.investor.gov/

Juhansar, J., & Harahap, H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Keuangan Individu di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 21(1), 85-99.

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles