Sosialisasi digital marketing: pengabdian masyarakat pada siswa siswi SMK Negeri 5 Samarinda

Dirga Lestari, April Astiana, Mega Junita, Nur Siti Hadijah, Sri Amalia Sumiati, Dinda Ayu Putri

Abstract


Pengabdian ini berjudul Digital Marketing untuk memahami dan dapat diterapkan dalam berbisnis melalui pelatihan digital marketing. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang banyak melakukan inovasi melalui pemanfaatan Teknologi Infomasi. Permasalahan yang sering timbul salah satunya adalah penyalahgunaan fasilitas ini. Untuk itu diperlukan sosialisasi  terpadu pada siswa-siswa SMK Negeri 5 Samarinda. Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Pembimbing dan para mahasiswa. Peserta sosialisasi dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X jurusan pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Samarinda. Metode yang digunakan pada sosialisasi adalah presentasi materi dan tanya jawab dengan model tatap muka di kelas. Materi sosialisasi adalah Digital Marketing yaitu salah satu inovasi teknologi yang disukai sebagai bentuk inovasi yang dapat ditiru siswa agar pemanfaatan teknologi menjadi tepat, berguna dan memiliki nilai ekonomis. Hasil yang terlihat adalah ketertarikan siswa-siswa pada saat melihat contoh aplikasi berbasis internet serta berbagai platform media sosial dan antusisme siswa-siswi yang terlihat di sesi tanya jawab dimana banyak pertanyaan yang mengarah kepada keingintahuan siswa-siswi.


Keywords


Sosialisasi; digital marketing; sekolah

Full Text:

PDF

References


Aziz, Riyan Abdul. 2020. E-Book Digital Marketing Content Part 1.

Islami, Novita Nurul., Fitria, Firda Lutfiatul. 2019. “Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Dan Harddisk Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran SMK Nuris Hidayat Desa Curahnongko Kec Tempurejokab.Jember”. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Vol 13. No 2. 2019. DOI: 10.19184/jpe.v13i2.13854

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. 2020. Marketing 4.0: Technology for humanity. John Wiley & Sons.

Marsudi., Robbie, R., Iqbal. 2021.” Pelatihan Digital Marketing Dalam Membentuk Branding Sekolah”. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS. Vol 4. No 2. Hal. 194-199. DOI : 10.31328/js.v4i2.2779

Munarsih, dkk. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada SMK Muhammadiyyah Parung-Bogor”. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri. Vol 3. No 1. Juli 2020. Hal 34-40.

Prasetyo, Karno Ganjar. 2018. Online Marketing: Modul Pembelajaran Digital Marketing. Depok.

Purwana, Dedi Es., Rahmi dan Shandy Aditya. 2017. “Pemanfaat Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol. 1 No. 1 Juli 2017. Hal 1-17. doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Santi, Endang Tri., Marthalena., Eva Fachriyah. 2021.“Sosialisasi dan Pendampingan Digital Marketing di Era Pandemi Covid-19 pada Kelompok Wanita Tani Kelurahan Tembong Kota Serang”. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM Bantenese). Vol 3. No 2. Hal 185-196.

Sari, D.K., Alshaf, P., Mas, O. 2021. Digital Marketing. Sidoarjo: Umsida Press.

Wati, A,P., Jefri, A,M., Aniek, I. 2020. Digital Marketing. Malang:Edulitera.

Wibawanto, Sigit. 2021. “Pemahaman Digital Marketing Menuju Era 5.0Di Smk Ma'arif 3 Somalangu Kebumen”. JURPIKAT(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 2. No. 2. 2021. Hal 353-360.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dirga Lestari, April Astiana, Mega Junita, Nur Siti Hadijah, Sri Amalia Sumiati, Dinda Ayu Putri


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com