Analisis strategi pemasaran thrifting second diary stuff di kota samarinda

Authors

  • Yohanes Kuleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Achmad Devin Naufal Malika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Dieta Novita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Jeshyca Loreine Ovelia Zane Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Septi Surtika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Siti Zhafirah Aulia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Yosefa Adonia Nou Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13353

Keywords:

Motivasi, marketplace, wirausaha, etika bisnis, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi dan perilaku orang yang melakukan pembelian menuntut Pelaku UMKM mengembangkan teknologi dan perubahan kebiasaan masyarakat Sekarang. Penggunaan data  kualitatif yang dikumpulkan dari wawancara melalui interpretasi. Berdasarkan beberapa teori yang terkumpul, penelitian ini mengungkapkan bahwa konsumen termotivasi atau mengevaluasi transaksi mata uang mengkonsumsi terus menerus. Motivasi mereka terutama didorong oleh kebutuhan mereka untuk bersosialisasi dan peduli dengan anggota masyarakat lainnya. Dengan meningkatnya permintaan pakaian bekas, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji orientasi konsumen pembeli barang bekas untuk mengetahuinya apakah mereka berbeda menurut frekuensi pembelian dan jenis toko. Hasilnya tercapai studi ini mengungkap keunggulan pengusaha UMKM dengan tingkat penjualannya meningkatkan dan memudahkan komunikasi dengan konsumen.

References

Apriadi, Deni dan Saputra, A. Y., (2017). ECommerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

K. N. Sistem, S. Rahayu, E. Siti, N. Aisyah, R. Farizi, and K. (2017). Lapakgue. co: E-commerce bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Komunitas Tangerang Punya GUE. pp. 660–665.

Nugroho. (2006). E-commerce: memahami perdagangan modern di dunia maya. Informatika.

Bandung.

S. P. Dan Azzuhri Misbahuddin Prabandari, (2008). Efektivitas Penggunaan Ecommerce sebagai Penunjang Aktivitas Bisnis pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang Raya.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kuleh, Y., Naufal Malika, A. D., Sari, D. N., Zane, J. L. O., Surtika, S., Aulia, S. Z., & Nou, Y. A. (2023). Analisis strategi pemasaran thrifting second diary stuff di kota samarinda. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65–70. https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13353

Issue

Section

Articles