Peningkatan kompetensi bahasa inggris secara informal untuk remaja

Authors

  • Robiansyah Robiansyah Faculty of Economics and Business Mulawarman University
  • Hafiith Kartanegara Faculty of Economics and Business Mulawarman University
  • Angie Shafa Arumasari Faculty of Economics and Business Mulawarman University
  • Salmah Arif Faculty of Economics and Business Mulawarman University
  • Herlinda Herlinda Faculty of Economics and Business Mulawarman University
  • Raihan Achmad Fauzan Faculty of Economics and Business Mulawarman University

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13345

Keywords:

Kegiatan mengajar, bahasa inggris, sekolah menengah pertama

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran Bahasa Inggris anak sekolah menengah pertama di kelurahan Sidodadi RT 05, Persiapan dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan. Kegiatan pengabdian yang berupa program bimbingan belajar bahasa inggris berjalan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan dengan jumlah siswa 15 anak. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa ada perubahan kemampuan dari anak-anak dimana mereka yang awalnya tidak bisa berbahasa Inggris karena kurang mendapatkan pengajaran belajar Bahasa Inggris sebelumnya, menjadi bisa berbahasa Inggris meskipun masih dalam tataran sederhana. Anak anak yang awalnya takut dan tidak suka terhadap pelajaran Bahasa Inggris menjadi suka dengan Bahasa Inggris.

References

Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Duolingo melalui Smartphone

Sebagai Alat Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Masyarakat. Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 339-345

Kurniawan, Andrian, R., & Kasriyati, D. (2017). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran

Bahasa Inggris Sekecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),

-73.

Priyastuti, M. T., Resanti, M., & Yoga, G. S. (2020). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris

dengan Media Ular Tangga Bagi Siswa Antonius 2 Semarang. Jurnal Abdimasku, 3(2), 72-78

Suharti, dkk. (2020). Stratregi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Warmadewi, AAIM, Kardana, IN, Raka, AAG, & ... (2021). Pembelajaran bahasa Inggris komunikatif berbasis budaya. Jurnal Abdidas, abdidas.org, https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/354

Galina, G. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM ENGLISH DAY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS SISWA SMPN. 5 PERCUTSEITUAN. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(2), 52-61.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Robiansyah, R., Kartanegara, H., Arumasari, A. S., Arif, S., Herlinda, H., & Fauzan, R. A. (2023). Peningkatan kompetensi bahasa inggris secara informal untuk remaja. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13345

Issue

Section

Articles