Penguatan UMKM melalui implementasi strategi positioning produk dalam rangka menciptakan keunggulan kompetitif

Yana Ulfah, Ferry Diyanti

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memilik peran yang sangat penting dalam mendukung perkembangan perekonomian di Indonesia, namun sebagian besar UMKM masih belum memahami bagaimana membuat produk tersebut memiliki keunggulan kompetitif dan diminati oleh konsumen. Untuk menciptakan keunggulan kompetitif, pelaku UMKM perlu memahami dan mampu mengimplementasikan strategi positioning produk. Sejalan dengan Sasaran keempat, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Kartenegara juga selalu berupaya untuk memberikan motivasi kepada UMKM agar mampu meningkatkan kualitas produknya dengan memberikan pelatihan yang dilakukan secara rutin. Pelaksanaan kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan gambaran implementasi terkait strategi positioning produk kepada para pelaku UMKM tersebut sehingga sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif untuk setiap produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini terdiri atas: ceramah, pendampingan dan diskusi interaktif. Kegiatan PKM ini melibatkan berbagai pihak, yaitu: Dinas Koperasi dan UKM Kutai Kartanegara sebagai Mitra Pelaksana, Tim PKM dari Unmul sebagai Narasumber melalui Program Kedaireka Patriot Pangan dan 16 orang pelaku UMKM sebagai peserta. Setelah mengikuti kegiatan ini, pelaku UMKM telah dapat mengimplementasikan strategi positioning produk yang tepat dan mampu meraih pangsa pasar yang lebih luas.


Keywords


UMKM; strategi positioning produk; keunggulan kompetitif

Full Text:

PDF

References


Adib, Maulana. (2020). Ingin Produkmu Diingat oleh Konsumen? Kenali Strategi Positioning Produk, Yuk. https://glints.com/id/lowongan/positioning-produk/#.Y6fY-HZBxpw. Diakses tanggal 15 Maret 2023

Dinas Koperasi dan UKM. (2018). Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Kartanegara. https://diskopukm.kukarkab.go.id/visimisi. Diakses tanggal 18 Maret 2023

Kertajaya. (2007). Hermawan Kertajaya on Marketing. Edisi Soft Cover, Mizan Media Utama. Bandung

Wasana, J. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jilid II. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v2i1.13342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yana Ulfah, Ferry Diyanti


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com