Pendampingan usaha rumah tangga bokami tika dalam pengembangan konten sosial media

Hairul Anwar, Andi Indra Kurniawan, Andi Arsy Islamiati Azis, Aulia Rizqi Andini, Khairul Hakim

Abstract


Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi berupa pendampingan konten sosial media. Diskusi yang dilaksanakan dengan memberikan informasi dan ilmu dasar mengenai digital marketing untuk pemasaran produk yang diikuti oleh 4 orang yaitu pemilik usaha Bokami Tika dan karyawan. Hasil pada kegiatan pengabdian peserta mengakui bahwa telah memahami dan bertambah pengetahuan serta keterampilan dalam memanfaatkan media sosial seperti Instagram dalam memasarkan produk dan memperluas target pasar sehingga dapat meningkatkan penjualan.


Keywords


Digital marketing; UMKM

Full Text:

PDF

References


Centurion Chandratama Priyatna, F. A. (2020). Digital Marketing untuk Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 283-288.

Eni Widhajati, N. E. (2021). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung, 2775-5061.

Fajar Febrian Putranto, Z. F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro di Kota Samarinda.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Prov Kaltim.

Gani, I. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Sektor Usaha di Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, 1-9.

Hadiyanti, S. U. (2015). Pengaruh Investasi Pada Industri Kecil dan Industri Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan, 1412-2200.

Hamida Syari Harahap, N. K. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 2655-9072.

Herdilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1.

Khoirul Ngibad, N. S. (2021). Pelatihan dan Pendapingan Dalam Pemasaran Produk Sirup Markisa Melalui Internet Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 5 No. 1 , 2580-0531.

Muhammad Sholeh, R. Y. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membua Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, 2614-5251.

Netty Maria Nalbaho, A. L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Dalam Meningkatkan Produksi Rengginang di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 23-32.

Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 29-43.

Rahmatul jannatin, M. W. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Politeknik Negeri Banjarmasin, Volume 2 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hairul Anwar, Andi Indra Kurniawan, Andi Arsy Islamiati Azis, Aulia Rizqi Andini, Khairul Hakim


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com