Pendampingan usaha rumah tangga bokami tika dalam pengembangan konten sosial media

Authors

  • Hairul Anwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Andi Indra Kurniawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Andi Arsy Islamiati Azis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Aulia Rizqi Andini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Khairul Hakim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11895

Keywords:

Digital marketing, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi berupa pendampingan konten sosial media. Diskusi yang dilaksanakan dengan memberikan informasi dan ilmu dasar mengenai digital marketing untuk pemasaran produk yang diikuti oleh 4 orang yaitu pemilik usaha Bokami Tika dan karyawan. Hasil pada kegiatan pengabdian peserta mengakui bahwa telah memahami dan bertambah pengetahuan serta keterampilan dalam memanfaatkan media sosial seperti Instagram dalam memasarkan produk dan memperluas target pasar sehingga dapat meningkatkan penjualan.

References

Centurion Chandratama Priyatna, F. A. (2020). Digital Marketing untuk Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 283-288.

Eni Widhajati, N. E. (2021). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung, 2775-5061.

Fajar Febrian Putranto, Z. F. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro di Kota Samarinda.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Prov Kaltim.

Gani, I. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Sektor Usaha di Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, 1-9.

Hadiyanti, S. U. (2015). Pengaruh Investasi Pada Industri Kecil dan Industri Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan, 1412-2200.

Hamida Syari Harahap, N. K. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 2655-9072.

Herdilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1.

Khoirul Ngibad, N. S. (2021). Pelatihan dan Pendapingan Dalam Pemasaran Produk Sirup Markisa Melalui Internet Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 5 No. 1 , 2580-0531.

Muhammad Sholeh, R. Y. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membua Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, 2614-5251.

Netty Maria Nalbaho, A. L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Dalam Meningkatkan Produksi Rengginang di Kelurahan Sidodadi Kota Samarinda. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 23-32.

Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Jurnal Program Studi Pendidikan Masyarakat, 29-43.

Rahmatul jannatin, M. W. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Politeknik Negeri Banjarmasin, Volume 2 No. 2.

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Anwar, H., Kurniawan, A. I., Azis, A. A. I., Andini, A. R., & Hakim, K. (2022). Pendampingan usaha rumah tangga bokami tika dalam pengembangan konten sosial media. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 82–90. https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11895

Issue

Section

Articles