Pengembangan karir siswa SMKN 4 Samarinda

Robiansyah Robiansyah, Ahmad Rifai, Fransiskus Ardian, Mei Nur Rahman, Putra Pratama Hariadi

Abstract


Workshop pengembangan karir bertujuan untuk membantu siswa-siswi SMK dalam merencanakan karir yang ingin mereka ambil setelah lulus sekolah. Metode yang digunakan yaitu pendidikan masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini, siswa-siswi mampu mengeksplor mengenai potensi diri dan mampu merencanakan fokus hidupnya, mampu membuat peta hidup yang ingin di capai beberapa tahun ke depan. Serta pada akhirnya siswa tersebut memiliki rencana karir yang matang dalam artian mampu mengurai rencana pengembangan karir ke depannya.


Keywords


Potensi diri; pengembangan karir

Full Text:

PDF

References


Juwitaningrum, I. (2013) “Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK,†PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), p. 132. doi: 10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580.

Katalog Sekolah. SMKN Negri 4 Samarinda Kota Samarinda. Diakses pada 26 April 2022. https://katalogsekolah.com/blog/smk-negeri-4-samarinda-kota-samarinda.

Prasetyo, Y. (2021) “PERENCANAAN KARIR DAN EVALUASI DIRI SISWA DI KOTA DILI NEGARA TIMOR LESTE CAREER,†Pengabdian, 5(1), pp. 1–11.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Robiansyah Robiansyah, Ahmad Rifai, Fransiskus Ardian, Mei Nur Rahman, Putra Pratama Hariadi


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com