Pemanfaatan digital marketing pada usaha mikro kecil menengah

Dwi Martiyanti, Bayu Dewanto, Hanisa Wulandari, Alifia Nadya Azzahra, Nuriana Nuriana, Inaya Alfeliza

Abstract


Peningkatan penggunaan internet di Indonesia telah membawa dampak pada meningkatnya aktivitas masyarakat/ konsumen untuk mengunjungi dan melakukan pembelian produk secara daring. Fenomena ini membuat pelaku usaha dalam hal ini usaha mikro kecil menengah untuk perlu meningkatkan daya saing dan daya jualnya melalui teknik pemasaran secara daring atau digital marketing. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada pemilik usaha kecil menengah mengenai pentingnya digital marketing dalam mendukung usahanya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui suatu kegiatan penyuluhan dan pelatihan pada pemilik UMKM AMPLANG di wilayah tlk. lerong Ulu, Samarinda. Kegiatan yang telah dilakukan berupa kegiatan penyuluhan mengenai peran digital marketing dan pelatihan cara memulai bisnis berbasis daring agar adaptif terhadap situasi bisnis dalam era digital dan internet saat ini. UMKM telah diberikan pengetahuan tentang proses bisnis melalui platform daring yaitu akun pasar daring (e-marketplace) sebagai sarana pemasaran produk-produk yang akan dijual. Selain itu, juga diberikan pelatihan tentang cara memulai bisnis berbasis daring pada salah satu akun pasar daring (e- marketplace) yaitu shopee. Melalui pengetahuan yang telah didapatkan dari penyuluhan dan pelatihan, kegiatan telah membangkitkan semangat pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya dengan pemanfaatan digital marketing. Pelaku UMKM juga telah memahami manfaat dan menggunakan salah satu aplikasi pasar daring (e-marketplace) dalam menunjang bisnisnya. Pelaku UMKM yakin bahwa dukungan penggunaan aplikasi berbasis daring tersebut mampu meningkatkan usahanya.


Keywords


Penyuluhan; digital marketing; pasar daring (e-marketplace)

Full Text:

PDF

References


Angeloni, S. dan Rossi, C. (2021). An analytical model for comparing the profitability of competing online marketing channels: Search engine marketing versus e-commerce marketplace. Journal of Marketing Theory and Practice, 29 (4), 534–549.

Chiu, W. dan Cho, H. (2021). E-commerce brand: The effect of perceived brand leadership on consumers’ satisfaction and repurchase intention on e-commerce websites. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33 (6), 1339-1362.

Data Reportal, 2021. Digital 2022: Indonesia [Online]. Tersedia di: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Data Reportal, 2021. Digital 2021: Indonesia [Online]. Tersedia di: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Gu, J. (2022). What drives SMEs to adopt e-commerce? The joint role of testosterone and absorptive capacity. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 1-18

Irawati, R. dan Prasetyo, I., B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6 (2), 114-133.

Kotler, P. dan Keller, K., L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Taiminen, H., M dan Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development. 22(4), 633-651.

Wibowo, A., Pradiptha, A. P., Mulyati, M., dan Utari, D. R. (2020). Penyuluhan Wirausaha Berbasis Teknologi untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19 di Masa New Normal. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 357– 365.




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Martiyanti, Bayu Dewanto, Hanisa Wulandari, Alifia Nadya Azzahra, Nuriana Nuriana, Inaya Alfeliza


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com