Pedampingan permasalahan bisnis online melalui observasi dan wawancara sebagai edukasi UMKM

Saida Zainurossalamia ZA, Rafif Rakha Maulana, Alfinah Damayanti, Esrah Gelen, Fahira Anindya, Weny Irianingsih

Abstract


Setiap usaha pasti terdapat kendala yang dapat dilihat dari berbagai perspective. Salah satunya pemasaran, kegagalan dalam pemasaran berdampak bagi pendapatan pelaku bisnis sehingga kurangnya pembeli yang disebabkan ketidak tahuan pasar terhadap produk kita tawarkan, maka akan berisiko mengalami kebangkrutan. Perlu diketahui strategi dalam memasarkan produk yang kita ingin perkenalkan dengan salah satunya yaitu media untuk memperkenalkan produk kita kepada masyarakat luas sehingga meningkatkan demand hingga memperluas pangsa pasar. Dengan kegiatan PKM ini, kami melakukan kegiatan bersama salah satu pemilik usaha kecantikan yaitu bisnis Galvanic SPA yang telah memiliki produk-produk kecantikan berbahan kimia yang sangat aman dan memiliki target pasar yang sangat luas. Namun, setelah kami tim PKM melakukan observasi lebih dalam terdapat kendala yang dimiliki oleh bisnis ini seperti pemasaran, target pasar, harga, hingga tujuan dari bisnis. Telah dilakukan wawancara kepada pemilik terkait kendala yang menghambat proses bisnis, sehingga tim PKM bisa menyelesaikan masalah melalui riset yang telah kami lakukan. Maka diperoleh kesimpulan dan saran dengan baik sehingga dapat membantu pemecahan masalah yang dimiliki pada bisnis kecantikan Galvanic SPA.


Keywords


Sosialisasi; strategi; pemasaran bisnis

Full Text:

PDF

References


Melinda, Sanusi, & Ayuni, R. D. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Pada Akun Instagram @Iwishop_). 8.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilo, T., Nugroho, P., Studi, P., Stie, A., & Surakarta, A. B. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbisnis Dengan Menggunakan Media Instagram. 02(01), 1.

Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta ISKI, 3(01), 67–74. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.57




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Saida Zainurossalamia ZA, Rafif Rakha Maulana, Alfinah Damayanti, Esrah Gelen, Fahira Anindya, Weny Irianingsih


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com