Pengimplementasian digital marketing dalam upaya pengambangan usaha berbasis teknologi bagi para pedagang pasar tradisional di pasar segiri Samarinda

Tetra Hidayati, Gabriela Gabriela, Herlina Erik, Perawati Ibau, Putri Fadilah

Abstract


Tujuan penerapan digital marketing bagi trader di pasar Segiri adalah untuk mengetahui  dampak pemasaran melalui digital marketing terhadap penjualan produk trader di pasar Segiri, dengan membandingkan trader yang menggunakan pemasaran melalui digital marketing sebagai sarana promosi dan transaksi online dengan trader yang belum menggunakan digital.  pemasaran. Subjek dari penelitian ini adalah trader yang mau belajar dan berkomitmen untuk menerapkan digital marketing dalam mengembangkan bisnisnya. Dari 15 sampel yang kami ambil, hanya 10 orang yang bersedia berkomitmen untuk menerapkan pemasaran digital dalam pengembangan bisnis mereka. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan adalah memperkenalkan teori dan praktik menggunakan digital marketing sebagai media promosi dalam upaya mengembangkan bisnis di Pasar Segiri, Samarinda.

Keywords


Digital marketing; pedagang tradisional; pelatihan pemasaran digital

Full Text:

PDF

References


Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2018). Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).

Cant, M.C & Wiid, J.A (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African perspective. Problems and Perspectives in Management, Volume 14, Issue 1, 2016

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Kh, J., Dahlan, A., & Pringsewu, N. (2022). Optimalisasi Digital Bagi Pedagang Pasar Tradisional. Universitas Muhammadiyah Pringsewu, 04(01), 1–9.

Kominfo. (2013). Kemkominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta.

Retrieved from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Penggun a+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker

Kurniawan, A & Asharudin, M (2018). Small and Medium Enterprises (SMEs) Face Digital MArketing. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business. Volume 1, Number 2, December 2018

Kusnindar, A. A., Juliono, & Yudis, A. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Pada Umkm Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Pengembangan Dan Inovasi Iptek Kabupaten Pringsewu Volume, 3(2).

Nurngaeni, E. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Online Sebagai Distribusi Barang Era Digital Di Pasar Klewer Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1). https://doi.org/10.20961/jas.v6i1.18118

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Kecamatan Jatinangor. 1(2), 36–50.

Widyaningrum, P.W & Bharata, W (2017). Workshop Internet dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Kelompok Pengusaha Muda Ponorogo. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat ADIMAS Vol. 1 No. 1




DOI: https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tetra Hidayati, Gabriela Gabriela, Herlina Erik, Perawati Ibau, Putri Fadilah


Crossref logo 


Editorial Address

ABDIMU
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: abdimu.feb.unmul@gmail.com