Perancanaan strategi digital marketing sebagai upaya pencapain strategi pemasaran cafe djoelak

Authors

  • Yuan Reski P Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Wirasmi Wardhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Abdullah Abdullah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Agus Guntur Samudra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Hairil Hairil Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11327

Keywords:

Cafe djoelak, digital marketing

Abstract

Seiring dengan perkembangan bisnis kopi di Bontang dan jumlah pengusaha kopi yang semakin bertambah maka perlu strategi pemasaran yang baik agar bisnis ini tetap mampu bertahan dan berkembang, salah satu konsep strategi pemasaran yang cukup efektif dengan biaya yang terjangkau adalah dengan konsep digital marketing. Banyaknya kemudahan dan fungsi dari penggunaan media digital, mendorong masyarakat atau pengusaha, untuk memaanfaatkan media digital tersebut pada setiap kegiatan pemasaran, fungsi dari penggunaan media digital meliputi: branding, sharing, promosi, maupun marketing lainnya. kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi dan penyuluhan dalam bentuk penyampaian materi, diskusi dan praktik penggunaan digital marketing. Pengabdian masyarakat ini difokuskan pada pengusaha UMKM di Café Djoelak, nantinya mitra diharapkan akan lebih memahami pentingnya penggunaan media internet untuk meningkatkan daya saing usaha.

 

References

Baladraf, M. I., Semobodo, G., Hasanah, L. U., & Pramono, A. (2018, Februari). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(1), 86-89.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12 ed.). (B. Molan, Trans.) PT. Indeks.

Nasir, M., Basalamah, J., & Kusuma, A. H. (2019). Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-8.

Triastity, Rahayu. (2011). Marketing Plan Sebagai Upaya Pencapaian Strategi Pemasaran Perusahaan Jangka Panjang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol 11, No. 1: 38-47. Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Prentice Hall /

Indeks.

Zulfikar, R., Mayvita, P. A., & Purboyo, P. (2019). Pengantar Green EConomy.

Zulfikar, R., Mayvita, P. A., & Purboyo, P. (2019) Adopsi Teknik Penyusunan business plan model canvas untuk perencanaan bisnis umkm kuliner jalanan di kawasan gatot subroto banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 4(2).

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Reski P, Y., Wardhani, W., Abdullah, A., Samudra, A. G., & Hairil, H. (2022). Perancanaan strategi digital marketing sebagai upaya pencapain strategi pemasaran cafe djoelak. ABDIMU Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–55. https://doi.org/10.30872/abdimu.v1i2.11327

Issue

Section

Articles