Pengaruh Satisfaction, Variety Seeking dan Alternative Attraction terhadap Switching Behavior melalui Switching Intentions
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v21i2.15031Keywords:
Satisfaction, Variety Seeking, Alternative Attraction, Switching Intentions, Switching BehaviorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Satisfaction, Variety Seeking dan Alternative Attraction terhadap Switching Behavior melalui Switching Intentions. Sampel penelitian berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dan alat analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software Smart PLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Satisfaction tidak berpengaruh terhadap Switching Behavior (2) Variety Seeking tidak berpengaruh terhadap Switching Behavior (3) Alternative Attraction berpengaruh terhadap Swiching Behavior (4) Switching Intentions tidak berpengaruh terhadap Switching Behavior (5) Satisfaction tidak berpengaruh terhadap Switching Behavior melalui Switching Intentions (6) Variety Seeking tidak berpengaruh Switching Behavior melalui Switching Intentions (7) Alternative Attraction tidak berpengaruh terhadap Switching Behavior melalui Switching Intentions.
References
Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.
Astuti, Y., Eliana, E., & Zarman, N. (2021). Perilaku Switching Behavior Pengguna Electronic Commerce (eCeommerce) di Kota Langsa dengan Model Migrasi Konsumen Push, Pull Mooring. SI-MEN (Akuntansi Dan Manajemen) STIES, 10(1), 9–21.
Bansal, H. S., Taylor, S., & James, Y. S. (2005). “Migrating” to New Service Providers: Toward a Unifying Framework of Consumers’ Switching Behaviors. Journal of the Academy of Marketing Science, 33(1), 96–115. https://doi.org/10.1177/0092070304267928
Chuang, Y.-F., & Tai, Y.-F. (2016). Research on customer switching behavior in the service industry. Management Research Review, 39(8), 925–939. https://doi.org/10.1108/MRR-01-2015-0022
Dharmmesta, B. S., & Junaidi, S. (2002). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Produk, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 17(1), 91–104.
Fazriansyah, Nilam, A. S., & Mawardi. (2022). Apakah persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan dan penggunaan aktual pada aplikasi pembayaran digital? Jurnal Manajemen, 14(2), 271–283. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i2.11126
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Unbiversitas Diponegoro.
Firdiyanti, S. I. (2022). Analisis Determinasi Customers Switching Behavior Bank Konvensional Ke Bank Syariah Di Jawa Tengah Dengan Customers Switching Intention Sebagai Variabel Intervening. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. B. W., Babin, B., & Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Editio). Pearson Prentice Hall.
Hartono, K. (2018). Pengaruh Satisfaction, Variety Seeking, Dan Alternative Attractiveness Terhadap Switching Behavior Melalui Switching Intentions ( Studi Pada Pengunjung Café Sisemoet Ungaran ). Universitas Negeri Semarang.
Ibrahim, D. F. A. (2020). Peran Satisfaction, Variety Seeking, Dan Alternative Attractiveness Pada Switching Intention Pelanggan Televisi Berlangganan MNC Vision. Universitas Negeri Surabaya.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mohsan, F., Nawaz, M. M., Khan, M. S., Shaukat, Z., & Aslam, N. (2011). Impact of customer satisfaction on customer loyalty and intentions to switch : evidence from banking sector of Pakistan. International Journal of Business and Social Science, 2(16), 263–270.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Palinggi, Y., Sabra, S., & Hamzi, H. (2023). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis (IPA). Journal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(1), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.53640/jemi.v23i1.1342
Prasetio, M. W., Sudarto, & Rehab. (2022). Perilaku Beralih Pelanggan Dalam Pembelian Produk Digital Melalui Aplikasi E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 24(1), 59–73.
Siska, S., Rahmawati, D. N., & Ilham, I. (2023). Pengaruh Customer Intimacy, Customer Experience, Customer Satisfaction, dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(1), 109–125. https://doi.org/10.53640/jemi.v23i1.1393
Thawil, A. N. (2014). Pengaruh Ketidakpuasan Pasca Konsumsi Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Handphone GSM Dari Merek Blackberry Ke Samsung (Studi Pada Pengguna Handphone di Kota Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 73–89.
Trijp, H. C. M. Van, & Inman, J. J. (1996). Why Switch ? Product Category-Level Explanations for True Variety-Seeking Behavior. Journal of Marketing Research, XXXIII(August), 281–292. https://doi.org/10.2307/3152125
Yani, T. E., Budiati, Y., Nusair, A. E., & Santoso, A. (2022). Impact of Service Quality, Customer Dissatisfaction and Variety-Seeking on Brand Switching Intention. Journal of Management and Bussines, 5(2), 99–116.