Analisis modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi

Ilham Ilham, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Analisis rasio terhadap modal kerja perusahaan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui dan menginterpretasikan posisi keuangan jangka pendek perusahaan serta meneliti efisiensi dan penggunaan modal kerja dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh modal kerja yang diukur dengan cash ratio terhadap rentabilitas ekonomi pada Koperasi Dirgantara UPBU Sultan M.Salahudin Bima. Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Dirgantara Upbu Sultan M.Salahudin Bima. Instrumen penelitian  yang digunakan  yaitu daftar tabel berupa data modal kerja dan rentabilitas ekonomi.  Populasi penelitian yaitu 10 tahun. Sampel penelitian selama 5 tahun mulai dari tahun 2016 -2020 dengan sampling yang digunakan adalah purposive sampling sesuai dengan ketersediaan data penelitian.  Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, koefisien korelasi sederhana , koefisien determinasi dan uji hipotesis dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja yang diukur dengan  Cash Ratio tidak berpengaruh terhadap rentabilitas Ekonomi pada Koperasi Dirgantara UPBU Sultan M.Salahudin Bima.


Keywords


Modal kerja; cash ratio; rentabilitas ekonomi

References


Bambang Riyanto. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Budiasa,N, Herawati, N,T,. 2014. Pengaruh perputaran modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI periode 2010-2012

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Kasmir. 2019. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kesembilan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Noviani, E, Kurnia, D. 2014. Pengaruh cash Ratio dan perpuaran piutang terhadap rentabilitas ekonomi perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.9452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ilham Ilham, Nurhayati Nurhayati


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja