Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap attitude of using SIMAK Universitas Kutai Kartanegara
DOI:
https://doi.org/10.30872/jkin.v20i4.14127Keywords:
Perceived ease of use, perceived usefulness, attitude of usingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Technology Acceptence Model (TAM) yang terdiri atas variable Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Attitude Of Using pada SIMAK Universitas Kutai Kartanegara. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner dengan 80 responden, kuisioner dibagikan kepada mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara Fakultas Ekonomi Dan Bisnis angkatan tahun 2019 sampai 2022. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software Smart-PLS 4, yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perceived Ease Of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness, (2) Perceived Ease Of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Of Using, dan (3) Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Attitude Of Using.
References
Aulina, R. (2018). Pengaruh Technologi Acceptance Model (TAM) pada Intention to Use Internet Banking Perbankan Syariah dengan Attitude Toward Using sebagai Variabel Intervening: Studi pada Mahasiswa Pelaku Usaha di Kota Malang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang Maulana Malik Ibrahim, 59–60.
Davis, F. D. (1989). Davis 1989.pdf. In MIS Quarterly (Vol. 13, Issue 3).
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS), Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Luvi Anisah. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Website Dan Aplikasi Shopee Untuk Berbelanja Online Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Website Dan Aplikasi Shopee Untuk Berbelanja Online Pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma.
Ma’ruf, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, dan Kenyamanan terhadap Sikap Konsumen dalam Belanja Online (Studi pada toko online lazada.com). Jurnal Fakultas Ekonomi, 3.
Porter, C. E., & Donthu, N. (2006). Using the technology acceptance model to explain how attitudes determine Internet usage: The role of perceived access barriers and demographics. Journal of Business Research, 59(9), 999–1007. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2006.06.003
Putri, N. E. (2020). Pengaruh Percieved Ease of Use Dan Percieved Usefulness Terhadap Intention To Use E-Wallet ( Studi Pada Mahasiswa Stie Pgri Dewantara Jombang ). Repository STIE PGRI Dewantara Jombang, 1661235. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102519
Rahmat, T. (2019). The Influence of Perceived Ease of Use and Usefulness of The Academic Registration System on the Attitude of Using online Study Plan Card (KRS). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 12(3). https://doi.org/10.20473/jmtt.v12i3.15434
Sianadewi, J. H., Widyarini, L. A., & Wibowo, W. (2018). Pengaruh Perceived Social Presence, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Dan Attitude Towards Online Shopping Terhadap Niat Beli Pada Jakarta Notebook.Com. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2).
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, A. (2019). Analisis Pengguna Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Universitas Jember. Tesis, 1–95.
Trisnawati, E., Assegaff, S., & Rohaini, E. (2019). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceive Usefulness, Service Quality, Perceived Value terhadap Customer Saticfaction pada Pengguna Grab (Studi Kasus Mahasiswa STIKOM DB Jambi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sistem Informasi, 1(2), 82–96. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimsi/article/view/693/478
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/30036540
Warsita, B. (2008). Bambang Warsita. Teknologi Pembelajaran.
Widaningsih, S., & Mustikasari, A. (2022). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use dan perceived enjoyment terhadap penerimaan teknologi informasi web SMB Universitas Telkom. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5717–5725. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i12.2020
Widodo, A., & Putri, A. S. A. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Sikap Penggunaan Teknologi Pada Pengguna Instagram Di Indonesia (Studi Pada Followers Akun Kementerian Pariwisata @Indtravel). Journal of Secretary and Business Administration. https://doi.org/10.31104/jsab.v1i1.8