Pengaruh servicescape terhadap revisit intention yang dimediasi oleh perceived service quality

Ari Rahmat Saputra, Yonathan Palinggi, Nilam Anggar Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel servicescape terhadap keputusan untuk berkunjung kembali (Revisit Intention) pada Cafe calemanthan dengan mediasi perceived service quality. Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling yaitu customer yang telah berkunjung lebih dari 1 kali yaitu 100 orang. Alat analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software Smart PLS versi 3.2.7. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Servicescape tidak berpengaruh langsung terhadap Revisit Intention. Servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Service Quality. Perceived Service Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Servicescape memiliki pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan terhadap Revisit Intention  yang dimediasi Perceived Service Quality.


Keywords


Servicescape; revisit intention; percieved service quality

References


Aini Shinta Dewi Nur (2021), Implementasi Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Dragon Café Di Kota Jajag) Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember.

Christin, Deasy Venty. 2012. Analisis Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Pada Theme Restaurant Dan Non-Theme Restaurant (Studi Kasus : Nanny’s Pavillondan Solaria) Skripsi Universitas Indonesia Jakarta.

Dwi Ningrum Hanjar, 2019 “Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Restoran Oura)”. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hoffman , Douglass & Bateson John. 2011. Services Marketing Concept, Strategies, & Cases, fourth edition. Cengage Learning, South Western.

Kim, Woo Gon & Moon Yu Ji. 2009. Customer‟scognitive, Emotional, And Actionable, Response To The Servicescape: A Test Of The Moderating Effect Of The Restaurant Type. International Journal of Hospitality Management 28, pp 144-156.

Kolter, Philip & Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing, 14th Edition. Pearson Education, London.

Nisfu’ah Rizka Dwiyanti, 2019 “Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Garden Thematic Cafe Dikota Malang)” Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Pranoto Dery (2021) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Persero Tbk. Cabang Tenggarong). Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Qomarudin Kusuma Jaya, 2018 “Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention yang dimediasi oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Cafe Cokelat Klasik Malang)” Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Rifai Agus (2015), Partial Least Square-Structual Equation Modeling (PLS-SEM) Untuk Mengukur Ekspektasi Penggunaan Repositori Lembaga (Pilot Studi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Jurnal Al-Maktabah Vol. 14 : 56-65.

Rizka Dwiyanti Nisfu’ah, 2019 “Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Garden Thematic Cafe Dikota Malang)” Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.

Saputra Muhammad Rizpai (2020) “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Kedai Zevin Tengggarong)”. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andy Offset, Yogyakarta

Umar, Husein, 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta :PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zeithaml, Bitner, & Gremler. 2013. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Sixth Edition. McGrawhill.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i4.12107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ari Rahmat Saputra, Yonathan Palinggi, Nilam Anggar Sari


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja