Kinerja dinas kebudayaan dan pariwisata kota Bandung dalam collaborative governance
Abstract
Upaya menjaga kinerja di suatu dinas adalah dengan upaya pelayanan umum yang sangat dipermudah, baik itu dalam penyampaian keluhan hingga masalah perizinan, dan pengoptimalan di bidang pelayanan Dinas terkait juga bekerja sama dengan dinas lain untuk menunjang keberlangsungan sektor pariwisata di Kota Bandung. Strategi kolaborasi ekonomi, sosial dan kecocokan pariwisata adalah tindakan yang mengkolaborasikan antara pihak pemerintah, masyarakat, dan swasta sebagai komponen yang saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini diperkuat dengan pembagian keuntungan yang di semua pihak yang terlibat sehingga mendapat keuntungan dari usaha wisata tersebut, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dari usaha di bidang pariwisata yang sedang beroperasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
JabarProv. (2017). Kota Bandung-Profil Daerah.
Putri, A. P. (2019). Nilai Budaya Pada Kelurahan Ubud Kabupaten Gianyar. Jurnal Adminitrasi Bisnis (JAB), 68(1), 9–18.
Zaini, Afrizal. (2014) .Pengertian Birokrasi Pemerintahan Indonesia.
Noegra, Bonie. (2017). Potensi Budaya Dalam Perspektif Pariwisata Kota Bandung.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. (2019). Profil Disbudpar.
Dwiyanto, Agus. (2015). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: UGM Press
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) cet. 18, h.5
Dwipayana, Ari. (2003). Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta: IRE Press.
Chang, Hyun Joo. (2009). Collaborative Governance In Welfare Service Delivery : Focusing On Local Welfare in Korea. Internasional Review of Publik Administration Vol. 13.
Chrish Ansell dan Alison Gash. (2007). Collaborative Governance in Theory and Practice. Journal of Public Administration Research and Theory. University of California, Berkeley.
DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i3.9769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Silviana Nababan, Ani Nurdiani Azizah, Hanny Purnamasari
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Kinerja