Pengaruh earning per share, profitabilitas, leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia (BEI)

Merciana Putri, Aspyan Noor

Abstract


Pengaruh Earning Per Share, Profitabilitas, Leverage, dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Di bawah bimbingan Bapak Aspyan Noor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh earning per share, profitabilitas, leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan pemilihan sampel. Sebanyak 10 perusahaan dari 24 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan 6 tahun pengamatan, yaitu mulai 2015 hingga 2020, diperoleh 60 sampel penelitian. Signaling theory merupakan teori dasar yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa earning per share, profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity, dan sales growth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Nilai perusahaan; earning per share; profitabilitas; leverage; sales growth

References


Afzal, A., & Rohman, A. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Jurnal of Accounting Vol. 1(2).

Alfrida, H. (2018). Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Industri Makanan dan Minuman di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol.4 (2).

Ambarsari, N. D., & Sidiq, A. (2013). Analisa Financial Leverage, Profitabilitas, dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Riset Manajemen & Akuntansi, Vol 4 (7).

Bendriani, M. (2011) Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Set Kesempatan Investasi (IOS) Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi.

Brigham, E.F., & Houston. J.F. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Burhanudin, & Nuraini. (2018). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi.

Deitiana, T. (2011). Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Penualan, dan Dividen Terhadap Harga Saham. E-Jurnal Bisnis dan Akuntansi Universitas Trisakti.

Denziana. (2016). Analisis Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Vol 9 (2).

Destiana, & Chrisela. (2017). Model Penentu Market Price of Share pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi Vol 5 (1).

Dewi, A.S.M., & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal Akuntansi Universitas Udayana.

Dewi. I. A. P. T. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Resiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Akuntansi. Bandung: Alfabeta.

Fakhrana, O., Yetty, M., & Bambang, S. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Real Estate, Properti, dan KontruksiBangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 4 (3).

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Dta: Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali,I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitman, L.J., & Zutter, C.J. (2012). Pripciple of Managerial Finance. Boston: Pearson.

Hansen, V., & Juniarti. (2014). Pengaruh Family Control, Size, Sales Growth, dan Leverage Terhadap Profitabilitas. Business Accounting Review Vol. 2 (1).

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keungan Edisi 6. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Magdalena, M. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Benefita Vol (2).

Mayorizza, S., & Majidah. (2018). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdafatr dalam Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). E-Proceeding of Management, Vol. 5 (3).

Prasetyorini, B.F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmi Manajemen Vol 1 (1).

Sartono, A. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sukma, M., & Erawati, T. (2011). Pengaruh Earning Pershare, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2011). Jurnal Akuntansi, Vol 2 (2).

Triasesiarta, N. (2018). Pengaruh Growth Opportunity, Profitabilitas dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol. 5 (3).

Yusuf., & Suherman, A. (2021). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Deviden dengan Variabel Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Indonesia, Vol. 2 (1).

www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i2.11589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Merciana Putri, Aspyan Noor


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja