Pengaruh kecerdasan emosi, dukungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar

Cut Khairunnisa, Kusuma Chandra Kirana, Epsilandri Septyarini

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosi, dukungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan merupakan data primer, data diperoleh dengan memakai kuesioner sebagai instrumen penelitian yang kemudian disebarkan kepada 86 responden. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Matematika angkatan 2018 Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa yang berjumlah 86 orang siswa, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh  Metode sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Apabila populasi yang diambil kurang dari 100 maka semua populasi dapat dijadikan sampel agar mempermudah penelitian, Sedangkan Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis dekriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berand, uji hipotesis, uji parsial, uji simultan, uji koefisien determinasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kecerdasan emosi mempunyai pengaruh yang negatif terhadap prestasi belajar, dukungan keluarga mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar, motivasi belajar mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar.


Keywords


Kecerdasan emosi; dukungan keluarga; motivasi belajar; prestasi belajar

References


Ana, R. F. R. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 87–98. https://jiped.org/index.php/JSP/article/view/18

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arikunto. (2012). Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Ud. Cjdw Meteseh Kota Semarang. Riset Manajemen, 82–94.

Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020a). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81–90.

Arrixavier, A. A., & Wulanyani, N. M. S. (2020b). Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(1), 81–90. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/56152

Attika Robbi, A., Gusnardi, G., & Sumarno, S. (2020). Analysis of the Effect of Learning Motivation on Learning Achievement. Journal of Educational Sciences, 4(1), 106. https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.106-115

Benu, T. I. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 224. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.32829

Cahyani, N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Politico, 6(1).

Ekaso, D. D., Allan, M. M., Pattison, D. R. M., Trouw, R. A. J., Muluneh, A. A., Kidane, T., Rowland, J., Bachtadse, V., Zealand, N., Evans, D., Ebinger, C. J., Yemane, T., Harding, D. J., Tesfaye, S., Kelley, S., Rex, D. C., Mogessie, A., Krenn, K., Schaflechner, J., … Gessesse, B. Y. A. (2003). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Precambrian Research, 123(1), 1689–1699.

Fitri, Y. (2020). The Effect of Learning Motivation and Visual Aids on Student Learning Achievement. International Journal of Research and Review (Ijrrjournal.Com), 7(1), 1.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Giawa, M., Mahulae, S., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 067245 MEDAN Pendahuluan. Educatio FKIP UNMA, 6(2), 327–332.

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Handayani, D., Septhiani, S., Matematika, P., & Pgri, U. I. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 112–117.

Heryenzus, H., & Laia, R. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada Pt Bank Negara Indonesia Cabang Batam. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2), 12–21. https://doi.org/10.33884/jimupb.v6i2.674

Hidayat, A., & Sunarsi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dana Pihak Ketiga Dan Dampaknya Terhadap Profitabilitas. Jurnal Proaksi, 1, 1–12.

Ibrahim, D. I., Cahyadi, I., Anggriani, R., & Abdurrahim, A. (2020). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan. Target: Jurnal Manajemen Dan Bisinis, 2(2), 265–278.

Khasanah, N. L., & Mukmin, T. (2020). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2015-2019. EL-Ghiroh, 18(2), 209–233. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v18i2.234

Korry, D. I. (2017). Pengaruh Status Kerja Ibu Rumah Tangga Terhadap Coping Stress. Repository Unika Sogijapranata, 36–44.

Kurnia, H., & Wahono, J. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Sma Negeri 5 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 12(1), 82–97. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i1.431

MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Melisa, P. V., & Putra, E. D. (2021). Dukungan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2), 339. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39317

Mulyadi, A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 4(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpak.v4i2.15418

Muwardi, E. S., & Muhson, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Dan Prestasi Belajar Ekonomi Terhadap Perilaku Anti Korupsi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 16(1), 16–23. https://doi.org/10.21831/jep.v16i1.23572

Nahar, S., Nasution, W. N., & Azhari, D. T. M. A. (2020). DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 16 MEDAN Dosen Pascasarjana UIN Sumatera Utara Dosen Pascasarjana UIN Sumatera Utara Mahasiswa Pascasarjana UIN Sumatera Utara A . PENDAHULUAN Pendidikan dipercaya sebagai al.

Nugrahadi, E. W., & Rizki, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 8(6), 1–18.

Pertiwi. (2021). E-JRA Vol. 10 No. 07 Februari 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. E-Jra, 10(07), 13–24.

Priatna, A. M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP di Kota Bekasi. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 3(58), 93–100. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/herodotus/article/view/7299

Purnama, I. M. (2016). 234809-Pengaruh-Kecerdasan-Emosional-Dan-Minat-C598335a. 6(3), 233–245.

Putri, P. A. Y., & Endiana, I. D. M. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Koperasi Di Kecamatan Payangan). KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 179–189. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1433.179-189

Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self-efficacy, and blended learning on students’ achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(8), 71–82. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525

Rambe, N. M. (2019). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 3, 930–934.

Risandy, A. (2018). Pengaruh kepercayaan dan dukungan keluarga terhadap kebahagiaan pernikahan pada mahasiswa yang menikah muda. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.346

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Siahaan, S. B., & Simanjuntak, A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Integritas dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Medan). Jurnal Manajemen, 5(1), 81–92.

Situmorang, B. J., Kirana, K. C., & Kurniawan, I. S. (2021). Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 105–115.

Sobirin, & Umar Ahmad Muhammadin, Ayatullah Fath, A. (2020). SISWA KELAS IV SD NEGERI JATIMALANG KECAMATAN ARJOSARI PENDAHULUAN Pendidikan merupakan usaha memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai cita-citanya di masa yang akan datang . Setiap orang wajib memperoleh pendid. 1–8.

Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–19.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2017). Peningkatan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar SD Negeri 4 Bilokka sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri dalam Proses Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–19.

Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 468–478.

Wulanningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2012). Pengaruh Percaya Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 83–110.

Wulansari, I. I. (2020). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 2507(February), 1–9.

Yusri, N. A., Kibtiyah, M., & Hamim, T. (2020). Emotional Intelligence with Learning Achievements Reviewed from Islamic Education. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 112–125. https://doi.org/10.18196/ijiep.v1i2.9672

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zafirah, N., Tumanggor, R. O., & Tasdin, W. (2021). Family Support and Learning Achievement in Junior High School Students During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 258–262. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.041




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i4.11566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cut Khairunnisa, Kusuma Chandra Kirana, Epsilandri Septyarini


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja