Pengaruh price discount dan sales promotion terhadap keputusan pembelian dengan impulsive buying sebagai variabel intervening

Henny Welsa, Agus Dwi Cahyo, Widiya Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah (1) price discount berpengaruh terhadap impulsive buying (2) sales promotion berpengaruh terhadap impulsive buying (3) impulsive buying berpengaruh terhadap keputusan pembelian (4) price discount berpengaruh terhadap keputusan pembelian (5) sales promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian (6) price discount berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui impulsive buying (7) sales promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui impulsive buying. Penelitian ini terdapat populasi 100 masyarakat Kota Yogyakarta pengguna Shopee. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara probility sampling dengan penggunaan metode simple random sampling. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan uji penelitian yang dilakukan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis terdiri dari Uji F, Uji T, Koefisien Determinasi, Koefisien Beta Standar, dan Uji Sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel price discount dan sales promotion berpengaruh positif terhadap impulsive buying, impulsive buying berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, price discount dan sales promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, price discount dan sales promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui impulsive buying.


Keywords


Price discount; sales promotion; impulsive buying; keputusan pembelian

References


Gilang, A., Fakhri, M., Syarifuddin, S., Pradana, M., & Utami, D. P. (2019). Ethical leaderships and organizational culture of student organization at Indonesian Private University. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2019(MAR), 70–78.

iprice.co.id. (2020). Peta E‑Commerce Indonesia. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Khazim, I. (2016). Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Lazada.Co.Id Dalam Berbelanja Online Melalui Variabel Electronic Word of Mouth (Ewom). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(2), 178539.

Kotler, P. (2017). Philip Kotler: some of my adventures in marketing (Journal of Historical Research in Marketing (ed.)).

Kotler, P., & Keller, Helen, A. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Erlangga.

money.kompas.com. (2020). E-Commerce Mana yang Paling Banyak Digunakan untuk Belanja Online Saat Puasa? Money.Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/07/06/081700426/e-commerce-mana-yang-paling-banyak-digunakan-untuk-belanja-online-saat-puasa-?page=all

Nagadeepa, C., & Tamil Selvi, J. (2015). Impact of Sale Promotıon Technıques on Consumers’ Impulse Buyıng Behavıour towards Apparels at Bangalore. Asian Journal of Management Sciences & Education, 4(1), 116–124.

Perreault, W. D., Cannon, J. P., & McCarthy, J. E. (2017). Essentials of marketing: A marketing strategy planning approach.

Pricylia Wauran, J. G. P. (2016). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN SERVICESCAPE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Freshmart Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 532–544.

Prihastama, B. V. (2016). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN MINIMARKET (Studi pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Cv. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

www.cnnindonesia.com. (2018). Alasan Unik Belanja Online di 6 Platform Populer. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180613161605-206-305888/alasan-unik-belanja-online-di-6-platform-populer

www.merdeka.com. (2021). Kemenkop Catat Transaksi Belanja Online Meningkat 26 Persen Selama Pandemi. Www.Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/uang/kemenkop-catat-transaksi-belanja-online-meningkat-26-persen-selama-pandemi.html




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Henny Welsa, Agus Dwi Cahyo, Widiya Saputri


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja