Analisis pengaruh konsumsi rumah tangga dan investasi serta suku bunga tabungan terhadap jumlah uang beredar

Arnika Arnika, Arfiah Busari, Agus Junaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konsumsi rumah tangga dan investasi serta suku bunga tabungan terhadap jumlah uang beredar di Provinsi Kalimantan Timur. Teori yang digunakan adalah Teori Permintaan dan Penawaran Uang. Penelitian ini termasuk penelitian Kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari Bank Indonesia, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Badan Pusat Statistik Provinai Kalimantan Timur dengan alat analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Alat bantu yang digunakan adalah Statistical Product and Service Solution Statistic Versi 22.0. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa konsumsi rumah tangga berpengaruh yang signifikan terhadap jumlah uang beredar di Provinsi Kalimantan Timur, sementara  itu, Investasi dan Suku Bunga Tabungan tidak berpengaruh terhadap jumlah uang beredar di Provinsi Kalimantan Timur.

Keywords


Konsumsi rumah tangga; investasi; suku bunga tabungan; jumlah uang beredar

References


Adelina, M. D. (2013). Pengaruh Pendapatan dan Suku Bunga Tabungan terhadap Permintaan Uang di Indonesia. Universitas Mulawarman.

Apriansyah, H. dan F. B. (2016). Analisis hubungan kausalitas antara investasi pemerintah dengan pertumbuhan ekonomi Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(No. 2), 78.

Asfia, M. (2009). Ekonomi Makro. Bandung: PT. Refika Aditama.

Boediono. (1980). Teori Moneter. Yogyakarta: BPFE.

Hamdani, O. (2017). pengaruh pendapatan perkapita dan suku bunga tabungan terhadap jumlah uang beredar di provinsi kalimantan timur. Universitas Mulawarman.

Indrayenti, S. (2015). Pengaruh Suku Bunga Simpanan terhadap Jumlah Deposito pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK, Cabang Liwa. Jurnal Akuntansi & Keuangan, Vol. 6 No.(suku bunga simpanan).

Jogiyanto. (2015). Teori Fortofolio dan Analisis Investasi (10th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (1st ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Laily, Nur, Budiono, P. (2013). Teori Ekonomi (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

M.FikriAmri Amir, E. A. (2014). Analisis Konsumsi Masyarakat Indonesia Sebelum dan Setelah Krisis Ekonomi M.Fikri, Amri Amir, Erni Achmad Program Magister Ilmu Ekonomi Fak.Ekonomi Universitas Jambi. Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah Vol. 1 No. 3, Januari-Maret 2014.

Nanga, M. (2005). Makro Ekonomi: Teori, Masalah dan Kebijakan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Natsir, M. (2014). Ekonomi Moneter dan Kebanksentralan (1st ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Nizar, C., Hamzah, A., & Syahnur, S. (2013). Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Hubungannya Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi.

Permatasari, A. (2017). Pengaruh investasi dalam negeri dan inflasi terhadap jumlah uang beredar dalam arti luas di indonesia periode 2004- 2015. Journal Online Mahasiswa Fekon, Vol. 4 No.(Jumlah uang beredar dalam arti luas), 13.

Persaulian, Baginda, Hasdi Aimon, Anis, A. (2013). ANALISIS KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal Kajian Ekonomi, Vol.1 No.0(Konsumsi), 23.

SIAHAAN, U. S. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI MASYARAKAT KECAMATAN JAWA MARAJA BAH JAMBI KABUPATEN SIMALUNGUN. Universitas Sumatera Utara.

Sunariyah. (2011). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal (6th ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Wahyuni, I. G. A. P., Sukarsa, M., & Yuliarmi, N. (2014). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Pendapatan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Widjaya, R. (2005). penanaman modal : pedoman prosedur mendirikan dan menjalankan perusahaan dalam rangka PMA dan PMDN. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arnika Arnika, Arfiah Busari, Agus Junaidi


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja