Pengaruh produk domestik regional bruto dan pendidikan serta upah terhadap tingkat pengangguran

Junaidi Junaidi, Agus Junaidi

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto dan Pendidikan serta Upah terhadap Tingkat Pengangguran di Kalimantan Timur. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dan menggunakan Data sekunder dari tahun 2011 sampai 2020 data diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur. Dianalisis menggunakan bantuan Sofware SPSS.22 dengan alat analisis Regresi Linier Berganda. Sebelum dilakukan analisis, data terlebih dahulu dilakukan transformasi ke bentuk Logaritma Natural (LN) agar  data dapat memenuhi uji Asumsi Klasik. Berdasarkan hasil penelitian ini Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tingkat Pengangguran, Pendidikan berpengaruh Positif dan tidak signifikan terhadap Tingkat Pengangguran, Upah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Tingkat Pengangguran.


Keywords


Produk domestik regional bruto; pendidikan; upah; tingkat pengangguran

Full Text:

PDF

References


Abdi Prakoso, Renno. (2020). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengangguran Terdidik Di Pulau Jawa Tahun 2010-2018.” Jurnal Ilmiah.

Anis Carwa Wira Hadiman. (2018). “Pengaruh Human Capital, Pertumbuhan Ekonomi Dan Upah Minimum Regional (Umr) Terhadap Pengangguran Di Kota Makassar.” FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, Makassar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. (2020). Provinsi Kalimantan Timur Dalam Angka 2020. edited by Bidang Integrasi Pengelolahan dan Diseminasi Statistik. BPS Provinsi Kalimantan Timur.

Budi Hartanto, Trianggono. (2017). “Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan, Upah Minimum Dan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Terhadap Jumlah Pengangguran Di Kabupaten Dan Kotaprovinsi Jawa Timur Tahun 2010-2014.” Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan.

Gani, Irwan, and Siti Amalia. (2015). Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi Dan Sosial. Edisi Revi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gilarso, T. (2003). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Edisi Pert. Yogyakarta: IKAPI.

Hidayat, Nanang. (2020). “Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kota Makassar.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar., Makassar.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kusnaedi. (2015). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dan Lama. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Laksamana, Rio. (2016). “Pengaruh Pdrb Terhadap Pengangguran Di Kabupaten/Kota Kalimantan Barat.” Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura Vol.5, No.:111–34.

Marius, Jelamu Ardu. (2004). “Memecahkan Masalah Pengangguran Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah: Institut Pertanian Bogor.

Putri Bastari, Dena. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Rata-Rata Lama Sekolah, Dan Upah Minimum Kabupaten/Kota Terhadap Tingkat Pengangguran Di Provinsi Banten Tahun 2010-2017. Jakarta: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Safia Safitri, Dania. (2011). “Pengaruh Inflasi Dan Pdrb Terhadap Pengangguran Terbuka Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 1993-2009.” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, Semarang.

Sholeh, Maimun. (2007). “Permintaan Dan Penawaran Tenaga Kerja Serta Upah : Teori Serta Beberapa Potretnya Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan Volume 4.

Soesastro, Hadi. (2005). Pemikiran Dan Permasalahan Ekonomi Di Indonesia Dalam Setengah Abad Terakhir : Proses Pemulihan Ekonomi. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. (2002). Pengantar Teori Makro Ekonomi. edisi kedu. Jakarta: Rajawali Pers.

. (2005). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi-3i. Jakarta: Rajawali Pers.

. (2014). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Edisi ke-3. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syam, Syahrina, and Abdul Wahab. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran Di Kota Makassar. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin.

Teguh, Muhammad. (2014). Metode Kuantitatif Untuk Analisis Ekonomi Dan Bisnis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Todaro, Michael P., and Stephen C. Smith. (2006). Ekonomi Pembangunan. Jakarta: Erlangga.

. (2014). Pembangunan Ekonomi. Edisi 11. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tohar, M. (2000). Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius.

Yeny, Dharmayanti. (2011). “Analisis Pengaruh Pdrb Upah Dan Inflasi Terhadap Pengangguran Terbuka Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 1991 - 2009.” FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v20i3.13931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Junaidi Junaidi, Agus Junaidi


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja