Peran ulama dalam pencegahan radikalisme

Gusti Bayu Pradangga, Maulana Rifai, Weni A. Arindawati

Abstract


Penelitian Penelitian ini berawal dari peristiwa penangkapan terduga terroris dikabupaten karawang. Aksi tersebut dikecam oleh berbagai pihak termasuk ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam yang berpengaruh di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ulama dalam pencegahan radikalisme di Kabupaten Karawang terkait pemikiran, strategi dakwah dan pengalaman ulama dalam pencegahan radikalisme. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan alur fenomenologi yang dilakukan dalam beberapa langkah yaitu: memaknai motif dan pengalaman yang terjadi. Serta menyertakan teori plihan . hasil penelitian ini dapat diketahui ulama NU berperan dalam pencegahan radikalisme di Kabupaten Karawang Pemikiran Ulama mengenai radikalisme bahwa paham radikal dilabelkan bagi mereka yang mengedepankan kebenaran kelompoknya sendiri. Strategi dakwah ulama yaitu menggunakan strategi kontra radikal dan deradikalisasi mellaui pendekatan strukturan dan kultural..Adapun tantangan ulama Nahdlatul Ulama dalam menangkal radikalisme yaitu kurangnya militansi warga NU.


Keywords


Dakwah; radikalisme

References


Ahmad Rifa‟I Harahap dll. (n.d.). Ensiklopedi Praktis Kerukunan Umat Beragama. Medan: Perdana Publishing, 2015, 578.

Alejandra Galindo Marines. (n.d.). The relationship between the ulama and the government in the contemporary Saudi Arabian Kingdom: an interdependent relationship. (Durham Theses, Durham University, 2001, 2–3.

Collin Cobuild. (n.d.). English Dictionary for Advanced Learners.

Densus 88 Geledah Rumah Singgah Terduga Teroris di Karawang. (n.d.). Retrieved September 30, 2021, from https://voi.id/berita/42565/densus-88-geledah-rumah-singgah-terduga-teroris-di-karawang

Densus 88 Tangkap A, Terduga Pimpinan Teroris JAD di Karawang - Nasional Tempo.co. (n.d.). Retrieved September 30, 2021, from https://nasional.tempo.co/read/1192354/densus-88-tangkap-a-terduga-pimpinan-teroris-jad-di-karawang

Hasyim Asy‟ari, dkk. (2014). Khittah dan Khidmah Nahdlatul Ulama. Pati: Majma‟ Buhust AnNahdliyah, 44.

Irwan Masduki. (n.d.-a). Berislam Secara Toleran Teologi Kerukunan Umat Beragama. Bandung: PT. Mizan Putra, 2011, 116–117.

Irwan Masduki. (n.d.-b). Teologi Kerukunan.

Ismail Hasani dan Bonar Tigor Naipospos. (2010). Radikalisme Agama di Jabodetabek dan Jawa Barat: Implikasinya terhadap Jaminan Kebebasan Beragama/Berkeyakinan. (Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara, 19.

NU dan Tantangan Radikalisme Kelas Menengah | NU Online. (n.d.). Retrieved December 15, 2021, from https://nu.or.id/opini/nu-dan-tantangan-radikalisme-kelas-menengah-nx0qO

Nuhrison M.Nuh. (2009). Faktor-faktor Penyebab Munculnya Faham/Gerakan Islam Radikal di Indonesia. (HARMONI Jurnal Multikultural Dan Multireligius, 36.

Petrus Reinhard Golose. (2010). Deradikalisasi Terorisme, Humanis, Soul Approach dan Menyentuh Akar Rumpu. Jakarta: YPKIK Press, 158–160.

Sri Yuananto. (n.d.). Islam Moderat Versus Islam Radikal Dinamika Politik Islam Kontemporer. Yogyakarta: Medpress, 2018, 223.

Syahrin Harahap. (2017). Upaya Kolektif Mencegah Radikalisme dan Terorisme. Depok: SIRAJA, 3.

zuly. (n.d.). Radikalisme Agama. Pustaka Pelajar, 27.

Zuly Qodir. (n.d.). Radikalisme Agama. Pustaka Pelajar, 6.

Zuly Qodir. (2014a). Radikalisme Agama. Pustaka Pelajar, 26.

Zuly Qodir. (2014b). Radikalisme Agama. Pustaka Pelajar, 7.

Zuly Qodir. (2014c). Radikalisme Agama di Indonesia. Pustaka Pelajar, 8.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gusti Bayu Pradangga, Maulana Rifai, Weni A. Arindawati


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja