Optimalisasi zakat, infak, sedekah (zis) dan efisiensi lembaga amil zakat baitul maal barakatul ummah

Rina Aulia, Rabiatul Adawiyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Rina Aulia dengan judul “Optimalisasi Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dan Efisiensi Terhadap Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Barakatul Ummah (LAZ BMBU) Kota Bontang†di bawah bimbingan Rabiatul Adawiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi dan tingkat efisiensi pada zakat, infak dan sedekah terhadap Lembaga Amil Zakat BMBU yang telah ada sejak tahun 2016 di Kota Bontang. Data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari LAZ BMBU kota Bontang dengan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, sumber pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah pengurus LAZ BMBU yang meliputi ketua lembaga, sekretaris dan bendahara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi dalam pengelolaan ZIS sudah bisa dikatakan cukup baik meskipun masih diperlukan beberapa upaya untuk mengoptimalkan pengelolaan ZIS di LAZ BMBU, dan tingkat efisiensi sudah sangat efisien dengan nilai sebesar 19% pada tahun 2018 dan 19,1% pada tahun 2019, adanya sebuah peningkatan nllai efisiensi karena penambahan sumber daya manusia.


Keywords


Kata kunci: LAZ BMBU Bontang, Optimalisasi, ZIS, Efisiensi

References


Abidah, Atik.(2016). Analisis Strategi Fundraising terhadap Peningkatan Pengelolaan ZIS pada Lembaga Amil Zakat Kabupaten Ponorogo dalam Jurnal Kodifikasia. (Nomor 01, Vol 10 2016). p.179.

Agus, S., & Khairani, T.(2014). Optimalisasi Zakat, Infak, dan Sedekah Terhadap Proses Kemandirian Masyarakat (Studi Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadaya Ummah Kota Pekanbaru). FISIP Universitas Riau, Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam, Pekanbaru.

Ardiani, Ninda. (2019). The Efficiency of Zakah Collection And Distribution: Evidence From Data Envelopment Analysis. Universitas Airlangga. al-Uqud: Journal of Islamic Economics DOI: 10.26740/al-uqud.v3n1.p54-69 Volume 3 Nomor 1,

BAZNAS, Puskas. (2020) Outlook Zakat Nasional.

Chikmah, Nur. (2015). Pendayagunaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) Dalam Pemberdayaan Anak Yatim Melalui Program Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Di Lembaga Amil Zakat Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Danial, Muh. S. (2018). Optimalisasi Zakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pra Sejahtera (Studi Pada Masyarakat Binaan LAZIS Wahdah Di Kota Makassar). Universitas Islam Alauddin Makassar.

Erma, N., & Dkk (2018). Analisis Transparansi, Optimalisasi Pengelolaan Zakat, dan Efisiensi Terhadap Lembaga Zakat, Infak, dan Shodaqoh Muhammdiyah (LAZISMU) Kbupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis Vol. 1, No.2. pp. 1-10 Economic Faculty, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Firdaus, Wan dan M, Mahadi. (2013). The Philosophy and Elasticity of Zakah Distribution in Islam. Malaysia. International Journal of Education and Research Vol. 1 No. 8 August 2013

Furqon, Ahmad. (2015). Buku Manajemen Zakat. BPI Ngaliyan, Semarang.

Handayani, Sari. (2018). Efektifitas Penerimaan dan Pendistribusian Zakat Profesi Pada Lembaga Amil Zakat Pupuk Kaltim di Kota Bontang. Samarinda. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Hasan, Muhammad. (2011). Manajemen Zakat: Model Pengelolaan Zakat yang Efektif, Yogyakarta : Penerbit Idea Press.

Hidayat, Rahmat. (2014). Efisiensi Perbankan syariah : Teori dan Parktik, (jawa Barat: Gramata Publishing), h.65

Huda, Miftahul. (2013). Model Manajemen Fundraising Wakaf dalam Jurnal Ahkam. (Nomor 01, Th XIII Januari 2013), p. 32.

https://kbbi.web.id/optimal

https://tafsirweb.com

Karim, Adiwarman A. (2006). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta. Edisi ke-2.

Kemenag RI. (2013). Panduan Zakat Praktis. Jakarta : Direktorat Pemberayaan Zakat.

Mazhar, Mohammad (2005). The Institution of Zakah. Chicago, USA. The Council of Islamic Organiations of Greater Chicago (CIOGC).

Meity, Taqdir Q. (2011). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, (Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).

Mulyadi, Arif., & Dkk. (2018). E-Zakat: Redesign the Collection and Distribution of Zakat in International Conference on Islamic Finance, Economics and Business, KnE Social Sciences, pages 433–452.

Mufraini, M., A. (2012). Akuntansi dan Manajemen Zakat. Jakarta: Kencana, cet. Ke - 3, h. 153.

Muharram, Harjum & Dkk. (2005). Analisis Perbandingan




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v6i3.9544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com