Pengaruh atribut produk, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di perbankan syariah (studi empiris pada nasabah bank syariah mandiri cabang samarinda)

Andi Nikarsanti, Saida Zainurossalamia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atribut produk, religiusitas serta kualitas pelayanan di Perbankan Syariah (Studi empiris pada nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji instrumen data, regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan Sofware SPSS 23.0.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala interval. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Untuk itu peneliti mengambil 200 nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel atribut produk, religiusitas serta kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menabung nasabah di bank Syariah Mandiri Cabang Samarinda.


Keywords


Atribut produk; religiusitas; kualitas pelayanan; Keputusan menabung

References


Ali, karnila. (2017). Pengaruh Promosi dan atribut Produk Terhadap keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Ekasave Pada Bank Eka Kantor Pusat Metro. Jurnal Dinamika. Vol.3 No.1

Arifin, Johan. (2009). Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Astuti, Tri. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Jurnal. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.

Boediono. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Febriana, Nina Indah. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Jurnal. Vol.03 No.01

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Hasan, Ali. (2010). Marketing Bank Syariah. Bogor : Ghalia Indonesia

Iqbal, Zamir dan Abbas Mirakhor. (2008). Pengantar Keuangan Islam: Teori Dan Praktek. Jakarta: Kencana

Inayah, Nurul., dan Sri Sudiarti. (2017). Analisis Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus di PT. BPRS Puduarta Insani. Jurna At-Tawassuth. Vol.1 No.1

Karim, Adiwarman. (2011). Bank islam: Analisis Fiqih dan Keungan. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyana, Ana. (2018). Pengaruh Pemahaman dan Religiusitas Serta Kepercayaan Terhadap Minat Membayar Zakat Profesi Oleh Muzakki Pada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Cabang Kaltim Kota Balikpapan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Mulawarman

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga

Ruslan, Rosady. (2005). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Setyanto, Linggar Eka., Arifin Zainul dan Sunarti. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 46. No. 2

Siswanto. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara

Sigit, Reza Dimas., Farah Oktafani. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Studi Kasus Pada IFI Futsal Bandung).Skripsi. Universitas Telkom

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. (2000). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset

Thouless, H Robert. (2000). Pengantar Psikologi Agama Terjemahan. Pt. Raja Grafindo Persada Bumi Aksara

Tyas, Rizqa Ramadhaning. (2012). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untk Menabung di BMT Sumber Mulia Tuntang.

Utami, Wahyu., Marijati Sangen., M.Yudi Rachman. (2015). Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen. Vol.3 No.1.

Zeithaml dan Bitner. (2003). Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm, edition. Boston Mc GrowHill/Irwin




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com