Strategi peningkatan pelayanan terhadap biro perjalanan haji pt. arrehlah wisata samarinda

Andi Fitriani AS, Robiansyah Robiansyah, Robiansyah Robiansyah, Sri wahyuni, Sri wahyuni

Abstract


Andi Fitriani AS, 2019. Strategi Peningkatan Pelayanan Terhadap Biro Perjalanan Haji PT. Arrehlah Wisata Samarinda, Dibimbing oleh bapak Robiansyah, S.E., M.Sc selaku dosen pertama dan ibu Dr. Hj. Sri Wahyuni, S.E.,M.Si selaku dosen kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam peningkatan pelayanan dan menganalisis SWOT yaitu kekuatan (Strenght), kelemahan (weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threats) terhadap biro perjalanan haji di PT. Arrehlah Wisata Samarinda. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, matriks SWOT, Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS), dan Eksternal Strategic Factors Analysis Summary (EFAS). Hasil Penelitian analisis data yang diperoleh, menunjukan bahwa PT. Arrehlah Wisata Samarinda memiliki bobot nilai yang baik dalam lingkungan internal berada pada posisi Strength dan bobot nilai yang baik dalam lingkungan eksternal yaitu Opportunity, sehingga dapat disimpulakan bahwa posisi pesaing PT. Arrehlah Wisata Samarinda menurut diagram SWOT berada pada posisi set 1 (satu) yaitu SO, yang menunjukan perusahaan ini memiliki peluang dan banyaknya kekuatan yang mendorong dimanfaatkannya peluang tersebut.


Keywords


Strategi;Peningkatan pelayanan;Analisis SWOT

References


Al-Quran & Terjemahannya, Departemen Agama RI.

Ariani. (2008). Manajemen Kualitas, Pendekatan Sisi Kualitatif. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia.

Arifin, Johan. (2009). Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Basu, Swastha. (2002). Manajemen Pemasaraan. Edisi kedua. Cetakan kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

David, F.R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Haryadi, Bambang. (2003). Strategi Manajemen. Malang: Banyumedia Publishing.

Indah, Iin (2016). “Strategi Penanganan Resiko Kerugian Cicilan Emas Di Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Samarinda). Samarinda”, Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Mulawarman Samarinda

Indranata, Iskandar. (2008). Pendekatan Kualitatif Untuk Pengendalian Kualitas. Universitas Indonesia (Ui-Press). Jakarta.

Islami, D.K. (2004). “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Haji dan Umrah PT. Margi Suci Minarfa Jakarta Pusat”, Skripsi Tidak diterbitkan. FIDIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. PT. Prenhalindo. Jakarta.

dan Keller K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas Jilid 1. Penerbit Erlangga.

Mulyadi. (2001). Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer Untuk Memperlipatgandakan Kinerja Keuangan Perusahaan. Salemba Empat. Jakarta.

Parasurman, A. Z, Av. Berry, L.L. (2005). A Conceptual Model of Service Quality and its Implication for Future Research. Journal of Marketing.

Ramdan. (2008). Hubungan Kualitas Jasa dan Kepuasaan Konsumen. Diakses tanggal 04 november 2018.

Rangkuti, Freddy. (2002). Measuring Customer Satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama,

. (2014). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Kompas Gramedia Building.

Salim, Taufik. (2010). “Strategi Pengelolaan PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan haji di pekanbaru”. Skripsi Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Riau.

Saraswati, Citra. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Haji Pada PT. Arrehlah Wisata Samarinda”. Skripsi Tidak diterbitkan. Universitas Mulawarman Samarinda.

Sutrimo. (2017). “Strategi PT. Bunda Asri Lestari Bandar Lampung dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibadah Umrah”. Skripsi Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sukmadinata. (2006). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Graha Aksara.

Suwandiyanto, M. (2010). Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Online.

Tjiptono, F., dan Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: andi.

Umar, Husein. (2000). Riset Pemasaran dan perilaku konsumen, penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

_____ . (2003). Metode Riset Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wheelen, Thomas L., Hunger, J. David. (2010). Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability. Twelfth Edition. Pearson.

Wijaya, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. PT Indeks. Jakarta.

Yasin, Achmad. (2017). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada PT. Safina Assalam Tour Gambut Kalimantan Selatan. Jurnal tidak diterbitkan. STIE Pancasetia.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i4.6298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com