PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK AISYIYAH SAMARINDA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kesatuan etika bisnis Islam dalam peningkatan loyalitas konsumen Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda; (2) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh keseimbangan etika bisnis Islam dalam peningkatan loyalitas konsumen Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda; (3) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kehendak bebas etika bisnis Islam dalam peningkatan loyalitas konsumen Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda; (4) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh tanggung jawab etika bisnis Islam dalam peningkatan loyalitas konsumen Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda; (5) Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kebenaran etika bisnis Islam dalam peningkatan loyalitas konsumen Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Samarinda.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu pengolah data SPSS 21. Pengumpulan data dilakukan dengan single cross-sectional design menggunakan kuisioner. Jumlah sample dalam penelitian ini terdiri dari 145 responden yang merupakan konsumen dari RS Ibu dan Anak Aisyiyah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel Kesatuan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah; Variabel Keseimbangan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah; Variabel Kehendak Bebas (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah; Variabel Tanggung Jawab (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen pada RumahSakitIbu dan AnakAisyiyah; Variabel Kebenaran (X5) berpengaruhpositif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen pada Rumah Sakit Ibu dan Anak AisyiyahKeywords
References
Amin, Ahmad.1995. Etika (Ilmu Akhlak), diterjemahkan oleh Helmi Haidayat, Bandung : Mizan.
Arijanto, Agus. 2011. Etika Bagi Bisnis Pelaku Bisnis. Jakarta: PT Rajawali Press/RajaGrafindo Persada
Ayuningtyas, Diah. 2008.” Kajian Empiris Bagi Hasil Dalam Perbankan Syariah”,
Skripsi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta, tidak dipublikasikan.
Badroen, Faisal. 2007. Etika Bisnis Islam.Jakarta: Kencana,.
Bloemer, Schroder. 2007. Store Statisfaction And Store Loyalty Explained By Customer And Store Related Factors, Journal Of Customer Statisfaction, Dissatisfaction And Complaining Behavior 15,68-80.
Ciptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta
. 2001. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi Offset.
. 2002. Strategi pemasaran. Yogyakarta: penerbit andi
Djakfar, Muhammad. 2007. Etika Bisnis. Jakarta : Penebar Plus
Faridl, Miftah. 1997. Etika Islam, Nasihat Islam Untuk Anda. Bandung : Pustaka
. 2000. Konsep dan Etika Bisnis Perbankan Syari‟ah, Bandung: Unpad-BI
Fauzan, ida. 2014. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet Di Kota Malang
Fitria, Ririn. 2015. Pengaruh Kualitas Jasa Perspektif Islam Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Grand Kalimas Di Surabaya
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga
Ghozali, Imam. 2002. Statistik Non Parametrik Tori dan Aplikasi dengan Progam SPSSî, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang
______________. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BPUniversitas Diponogoro, Semarang.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gustina. 2008. Etika Bisnis Suatu Kajian Nilai dan Moral Dalam Bisnis
Hurriyati, Ratih. 2010. “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”. Jakarta: Alfabeta CV
Husein, Umar. 2010. Riset pemasaran dan bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Istijanto, 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
K. Bertens. 1999. Etika. Jakarta: Gramedia.
Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi & Pembangunan Daerah, Reformasi, Perencanaan, strategi, dan Peluang, Jakarta: Erlangga.
Kotler,Philip.1999. ”Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol,” Jilid 1, Alih bahasa : Hendra Teguh, Prenhallindo, Jakarta.
Kant, Immanuel. 2005. Kritik Atas Akal Budi Praktis. Diterjemahkan dari judul Critique of Practical Reason (1956) oleh Nurhadi. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Lovelock, Christopher. 2004. Service Marketing and Management. New Jersey:Prentice Hall.
Lovelock, C.H., J. Wirtz, dan Jayanta Chatterjee. 2007. Service Marketing :People, Technology, Strategy. Sixth Edition. USA: Prentice Hall.
Malhotra, Naresh. 2007. Marketing Research : an applied orientation, Pearson education, inc., fifth edition.New Jearsey : USA
Norvadewi. 2015. Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif)
Rachmi, Santoso. 2012. Pengaruh Etika Bisnis Layanan Sms Premium Operator Seluler Telekomunikasi Indonesia Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Kota
Ramlibidullah. 2010. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan,Jakarta: Airlangga
Setiawan, Supriadi. 2011.”Loyalitas Pelanggan Jasa”, Penerbit IPB Press, Bogor
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABET.
. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Santoso, Singgih. 2011. Structural Equation Modeling (SEM) Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo
Shinta, 2015. Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Dalam Pelaporan Keuangan Pada Entitas Publik Di Indonesia
Soewardi, Herman. 1996, Nalar, Kontemplasi dan Realita. Bandung : Program Pasca Sarjana UNPAD
Wahyuningsih, Sri Endah. 2007. Tingkat Loyalitas Mahasiswa Atas Jasa Pendidikan Perguruan Tinggi di Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, no. 2 Desember 2007.
DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v4i3.5527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com