Pengaruh pemahaman etika bisnis islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pedagang muslim di pasar segiri grosir samarinda

Lidya Watie, Sri Mintarti, Maryam Nadir

Abstract


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang mana terdapat dua variabel yaitu pemahaman etika bisnis Islam dan persaingan usaha sebagai variabel bebas (independent) dan perilaku pedagang muslim sebagai variabel terikat (dependent). Dan populasi dalam penelitian ini 62 pedagang muslim dengan berbagai jenis usaha, kemudian peneliti mengambil sampel 62 pedagang. Teknik pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya metode untuk menganalisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan uji hipotesis berupa uji t, uji F, dan uji Koefisien Beta


Keywords


Islamic business ethics; business competition; merchant behavior

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Abdul. 2013. Etika Bisnis Perspektif Islam (Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Bertens, K. 2007. Etika Cetakan 1. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Darnah. A.N. 2013. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Devos, 2007, Pengantar Etika, Tiara Wacana, Yogyakarta.

Gelhorn.dan.Gunawan.Wijaya. 2008. Hukum.Bisnis,.http:bisnis.wordpress.com. diakses 21 Agustus 2016.

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung. 2008. Manajemen Syari’ah dalam Praktek. Jakarta: Gema Insani Press, Cet III.

Iffatin Nur, 2007, Revitalisasi Nilai-nilai Syariah, JURNAL HUKUM ISLAM, Sekolah Tinggi Agama Islam Tulungagug, Volume 09, Nomor 02, Agustus 2016.

Jusuf, Jopie. 2008. Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Kholis, Nur. 2007, Membangun Etika Bisnis Islam, JURNAL HUKUM ISLAM, Sekolah Tinggi Agama Islam Tulungagug, Volume 09, Nomor 02, Agustus 2016.

Malahayati. 2010. Rahasia Sukses Bisnis Rasulullah. Yogyakarta: Jogja Great Publisher.

Muhaimin, 2007. Perbandingan Praktik Etika Bisnis Etnik Cina & Pembisnis Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muis, Murdeni. 2007. Kepribadian dan Perilaku Wirausaha Muslim, Cet. ke-1, Medan: USU Press.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia (UII). 2008. Yogyakarta, Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rokan, Mustofa Kamar. 2012. Hukum Persaingan Usaha: Teori dan Praktek di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.

Rusydi. 2008. Etos Kerja dan Etika Usaha, Perspektif AlQuran dalam Nilai dan Makna Kerja dalam Islam. Jakarta: Persada Madani.

Salim, Muhammad. 2013, Etika Bisnis dalam Ekonomi Islam, http:// Etika-Bisnis-Ekonomi-Islam.com: diakses 23 Agustus 2016.

Saman, Muhammad. 2010. Persaingan Pedagang di Pasar Pancanata Centralindo (Perspektif Etika Bisnis Islam), Skripsi. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum, Universits Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Siwarni, Arifin. 2009. Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ke-6. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-23. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

UPTD. Pasar Segiri Samarinda. 2015. Pasar Segiri Tradisional dan Grosir dalam Angka.

Qardhawi, Yusuf. 2007, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insani Pres.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v3i4.3893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com