Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih transaksi gadai emas

Authors

  • Siti Hadiah Tika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Sri Mintarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Sri Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.29264/jiem.v3i3.2976

Keywords:

Promotion, estimated value, service, customer decisions

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk memilih transaksi gadai emas di Bank Kaltim Syariah Cabang Samarinda dan menentukan variabel mana yang berpengaruh signifikan. Penelitian ini telah dilakukan dengan mengumpulkan beberapa data yang berkaitan dengan judul penelitian ini, termasuk data promosi (X1), estimasi nilai (X2) dan layanan (X3). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, data primer adalah sumber utama penelitian ini karena data harus langsung ditanyakan kepada masing-masing responden, sedangkan data sekunder hanya untuk melengkapi data primer. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20 yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan ketergantungan, dan hubungan ketergantungan antara dua atau lebih variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y) positif atau negatif. Berdasarkan analisis parsial, diketahui bahwa variabel promosi (X1) dan variabel layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan (Y) sedangkan nilai estimasi (X2) tidak berpengaruh

 

 

 


Additional Files

Published

2018-09-01

Issue

Section

Articles