Analisis Komparatif Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) P2P Kota Samarinda dan Kota Balikpapan

Samsul Anwar, Irwan Gani, Diana Lestari

Abstract


Penelitian ini untuk menemukan sebuah perbandingan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) antara Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan data sekunder time series dari PDB, Inflasi, Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Samarinda dan Kota Balikpapan tahun 2004-2014. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi.     Data menggunakan analisis regresi dengan rumus regresi linear dan analisis komputer menggunakan SPSS untuk menentukan hasil dari penelitian ini. Hasil regresi menunjukkan Inflasi tidak berpengaruh pada Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di kota Samarinda. Jika di Kota Balikpapan memiliki pengaruh terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan tapi tidak signifikan. Hasil PDRB menunjukkan kota samarinda dan kota Balikpapan memiliki efek yang sama pada pajak bumi dan bangunan, hasil memiliki pengaruh dan signifikan.

Keywords: Inflasi Produk Domestik Bruto


References


Anonim, 2014, Produk Domestik Regional Bruto Kota Samarinda, Badan Pusat Statistik, Samarinda.

Anwar, Arsyad, M. dkk, 1992, Ekonomi Indonesia Prospek Jangka Pendek dan Sumber Pembiayaan Pembangunan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ari, Budiraharjo, 2003, Pengaruh Jumlah Penduduk, Produk Domestik Regional Bruto dan Inflasi terhadap Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Kabupaten dan Kota di Propinsi Jawa Tengah, Universitas Diponegoro, Semarang.

Bambang, Prakoso, Kesit. 2003. Pajak dan Retribusi Daerah. UII Press, Yogyakarta.

Erly Suandy, 2005, Hukum Pajak, Edisi Ketiga, Salemba Empat, Jakarta.

Davey, K.J., 1988, Pembiayaan Pemerintah Daerah: Praktek-Praktek Internasional dan Relevansinya Bagi Dunia Ketiga, Terjemahan Anarullah, dkk, UI-Press, Jakarta.

Devas, Nick, Binder, Brian., Booth, Anne., Davey, Kenneth., Kelly, Roy., 1989, Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia, Terjemahan Masri Maris, UIPress, Jakarta.

Dunford, R.W. Marti and R.C. Mitlehammer, 1985, A Case Study Of Rural Land Price at the Urban Fringe Including Subyective By Expectation, Land Economic Vol. 61 No. 61

Faridian Bahtiar, 2011, Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Pemalang, FEB Ekonomi-Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Gujarati, Damodar. 1997. Ekonometrika Dasar, Erlangga, Jakarta.

Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Statistika 1 (Statistik Deskriptif). Edisi Kedua. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Insukindro dkk,1994. Peranan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Laporan Penelitian Kursus Keuangan Daerah FE-UGM Yogyakarta

Ilyas, B Wirawan, Richard Burton, 2007, Hukum pajak, Salemba Empat, Jakarta.

Ilyas, B. Wirawan. 2002. Perpajakan Indonesia. Salemba Empat: Jakarta.

Kamaruddin, Kartasaputra & Rience G.Kartasapoetra,1989. Pajak Bumi dan Bangunan, Prosedur Dan Pelaksanaannya. Bina Aksara. Jakarta.

Ma’sum, Anwar, 2013, factor-faktor yang mempengaruhi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di kabupaten Boyolali, FEB Universitas Muhamadiyah, Surakarta.

Mayasari, Elvita. 2011. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Penerimaan PBB dikabupaten Blora. Skripsi FE akuntansi Univ Muhammadiyah Surakarta.

Rahardjo Adi Sasmita, 1989, Beberapa Dimensi Ekonomi Regional. Program Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin.Makassar

Rahayu, Siti. 2003. Peranan Sektor Publik Lokal dalam Pertumbuhan ekonomi regional di wilayah Surakarta. Jurnal Kinerja vol 8 no 2: 133 -147

Sadono, Sukirno, 1996, Pengantar Teori Makro Ekonomi,PT Raja Grafindo, Jakarta.

Sumitro Rochmat, 1998, Pajak Bumi dan Bangunan, PT Eresco, Bandung.

Suparmoko, 1987, Keuangan Negara Dalam Teori dan Praktek, BPFE Edisi 4, Yogyakarta.

Supranto J., 2003, Metode Riset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran, Edisi Ketujuh, Rineka Cipta, Jakarta

Yani.2002.Pembiayaan Daerah. Bumi Aksara,Jakarta.

Sukirno, Sadono. Teori Pengantar Makro Ekonomi, PT RajaGafindo Persada, Jakarta, 2004.

Rahardja, Pratama dan Mandala Manurung. “Teori Ekonomi Makro”, Edisi Kedua, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 2004.

Nanga, Muana. 2005. “Teori, Masalah, dan Kebijakan”, Rajawali Gravindo, Jakarta.

Nastiti Amana Mutia.2008. faktor–faktor yang mempengaruhi penerimaan PBB dan dampaknya terhadap penerimaan daerah.”Skipsi akuntansi”. FE UII. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jiem.v2i2.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jiem.feb@gmail.com