Pengaruh motivasi belanja hedonis dan fashion involvement terhadap pembelian impulsif
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9847Keywords:
Motivasi belanja hedonis, fashion involvement, pembelian impulsifAbstract
Perkembangan bisnis ritel di Indonesia, terutama di Kota Surabaya merupakan suatu pertumbuhan yang signifikan yang dipengaruhi adanya kehidupan masyarakat yang bersifat konsumtif dan memiliki gaya hidup yang senang mengikuti tren sehingga dapat mempengaruhi beberapa orang untuk melakukan suatu pembelian produk. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis dan fashion involvement terhadap pembelian impulsif pada konsumen H&M Surabaya. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk H&M Surabaya, sampelnya berjumlah 98 responden dengan teknik accidental sampling yang dimana adanya sampel berdasarkan kebetulan disaat konsumen datang ke H&M Surabaya. Teknik analisis datanya Regresi Linier berganda, dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini secara parsial bahwa motivasi belanja hedonis berpengaruh langsung terhadap pembelian impulsif, dan fashion involvement tidak berpengaruh langsung terhadap pembelian impulsif. Sedangkan secara simultan bahwa motivasi belanja hedonis dan fashion involvement berpengaruh langsung terhadap pembelian impulsif.
References
A, A. N., & Japarianto, E. (2019). Analisis Pengaruh Fashion involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Value Di H & M Store. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 40–46.
Ainun Rizqiyatul Mahmudah. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion involvement Dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSIQ). Journal Of Economic, Business and Engineering, 1(2), 290–299.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. 14th edn. Jakarta:
Fitriana, A. (2016). Analisis Pengaruh Display Interior Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Indomaret Pontianak. Journal of Applied Intelligent System, 1(2), 90–102.
Herukalpiko, D. K. D., Prihatini, A. E., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kebijakan Harga, Atmosfer Toko Dan Pelayanan Toko Terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Robinson Department Store Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 132–140.
Japarianto, E. (2010). Analisa Faktor Type Hedonic Shopping Motivation dan Faktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 12(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp.76-85
Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2012). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.6.1.32-41
Kosyu, D. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(2), 84440.
Lestari, I. P. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Customer Flashyshop. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia …, 3(7), 1–17.
Mulyana, A. E., & N.I, A. P. (2020). Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern Di Kota Batam. Journal of Applied Business Administration, 4(1), 18–22. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i1.1938
Pattipeilohy, V. R., Rofiaty, & Idrus, M. S. (2013). The Influence of the availability of Money and Time , Fashion involvement , Hedonic Consumption Tendency and Positive Emotions towards Impulse Buying Behavior in Ambon City ( Study on Purchasing Products Fashion Apparel ). International Journal of Business and Behavioral Sciences, 3(8), 36–49.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In Salemba Empat.
Prihastama, B. V. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (Studi Pada Pelanggan). 4(1), 1–10.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). In Alfabeta.
Yulia Hermanto, E. (2016). Pengaruh Fashion involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1). https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.11-19
Downloads
Published
Issue
Section
License
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License