Pengaruh nilai pengantar akuntansi computer attitude terhadap hasil belajar komputer akuntansi dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi

Rizal Gita Aryadi, Rochmawati Rochmawati

Abstract


Tujuan dari peneilitian ini adalah mengetahui pengaruh nilai pengantar akuntansi, computer attitude terhadap hasil belajar belajar computer akuntansi myob dengan motivasi belajar sebagai variabel moderasi pada mahasiswa pendidikan akuntansi 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 98 responden dengan tehnik penentuan sampel menggunakan purposive sampel dengan sampel yang merupakan mahasiswa pendidikan akuntansi yang masih aktif berkuliah pada semester genap 2020/2021 dan telah menempuh mata kuliah computer akuntansi dengan pengumpulan data menggunakan kuisoner. Analisis data menggunakan Warpsls 7.0. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa 1) nilai pengantar akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar computer akuntansi, 2) computer attitude berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar computer akuntansi, motivasi belajar 3) Motivasi belajar tidak dapat menjadi variabel moderasi antara nilai pengantar akuntansi dengan hasil belajar computer akuntansi 4) Motivasi belajar tidak dapat memoderasi hubungan anatara computer attitude dengan nilai pengantar akuntansi. Untuk peneliti dapat memperluas sampel penelitian dan menambahkan variabel yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi seperti tingkat pemahaman dan penguasaan kosa kata Bahasa inggris


Keywords


Nilai pengantar akuntansi; computer attitude; hasil belajar computer akuntansi;motivasi belajar

References


AL-KHADASH, Husam Aldeen; AL-BESHTAWI, Sulieman. Attitudes toward learning accounting by computers: The impact on perceived skills. Journal of Accounting and Taxation, 2009, 1.1: 001-007.

Anggun Siti Nurjanah, Yuanika ., and Luqman Hakim. "Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude, Motivasi Belajar dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya." Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 7.1 (2019).

Berliana, Arlys Firdauzie. 2017. “Pengaruh Nilai Akuntansi Perusahaan Dagang,Nilai Matematika Dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Hasil Belajar MYOB Kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung.†Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5(2).

Cok Krisna Yudha, Ramantha, and Wayan Ramantha. "Pengaruh Computer Anxiety Dan Computer Attitude Pada Keahlian Pengguna Dalam Menggunakan Komputer." E-Jurnal Akuntansi 9.3 (2014): 644-657

Dwi Hardiansyah, Fitrah , And Agung Listiadi. "Pengaruh Fasilitas Laboratorium Akuntansi, Compute Knowledge, Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Akuntansi Smk Negeri 10 Surabaya." Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 6.3 (2018).

EKA RAHMAWATI, U. L. Y. A. N. A. and Rochmawati "PENGARUH NILAI PENGANTAR AKUNTANSI, SIMULASI DIGITAL DAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 5 MADIUN." Jurnal

Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5.2 (2017).

Harrison, Allison W., and R. Kelly Rainer Jr. "The influence of individual differences on skill in end- user computing." Journal of Management Information Systems 9.1 (1992): 93-111.

Husamah, H., Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan pembelajaran. Research Report.

Laili, nuri fadilatul, and Agung Listiadi. 2020. “Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi , Matematika Ekonomi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya.†Jurnal Pendidikan Akuntansi 8(1):533–39.

LELY C, NURFIA. 2017. “Pengaruh Nilai Pengantar Akuntansi, Computer Attitude, Dan Motivasi Belajar Aplikasi Komputer Terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Komputer Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.†Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5(3):1–7.

Novi Wulandari dan Suci Rohayati. 2015. “Pengaruh Computer Knowlegde, Computer Attitude, Dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya.†Jurnal Pendidikan Akuntansi 0(0):1–10.

Putrianti, Cisilia, and Rochmawati. 2019. “Pengaruh Fasilitas Laboratorium Komputer, Nilai Matematika, Penguasaan Komputer, Penguasaan Akuntansi Dasar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Accurate Siswa Kelas Xi Akuntansi Di Smk Negeri 2 Kediri.†Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 7(4):301–9.

Safitri, Merdiana Era, and Rediana Setiyani. 2016. “Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude Dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Myob.†Economic Education Analysis Journal 5(1):30–43.

Santoso, Ni Kadek Ayu Wedhayanti. 2019. “Pengaruh Pengantar Akuntansi, Kosakata Bahasa Inggris, Locus of Control, Dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas Xi Akuntansi Smk Negeri 10 Surabaya.†Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) UNESA 07(02).

Yudha, R., & Ramantha, W. (2014). Pengaruh Computer Anxiety Dan Computer Attitude Pada Keahlian Pengguna Dalam Menggunakan Komputer. E-Jurnal Akuntansi, 9(3), 644–657.

Zulfia, Risda, and Efrizal Syofyan. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah, Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Di SMK Kabupaten Agam.†Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi 2(1):1–10.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizal Gita Aryadi, Rochmawati Rochmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan