Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian

Ida Rosita Sari, Harti Harti

Abstract


Baju tidur merupakan salah satu jenis pakaian rumah yang banyak dicari pada saat pandemi covid-19. Model dan motif yang modern, membuat baju tidur dapat digunakan baik didalam maupun diluar rumah. Dengan adanya fenomena tersebut peneliti melakukan penelitian di salah satu toko penjual baju baju tidur di shopee yaitu toko swap_pajamas. Bertujuan untuk mengetahui kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini yakni pengikut akun instagram @swap_pajamas. Untuk menentukan banyaknya sampel menggunakan teknik purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Setelah dihitung diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Peneliti mneggunakan kuisioner untuk mendapatkan data yang disebar secara online melalui google form. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25, menggunakan teknik analisis uji rgeresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama kualitas produk, harga dan promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko swap_pajamas di shopee.


Keywords


Kualitas produk; harga; promosi; keputusan pembelian

References


APJII. (2020, November). Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI. Edisi 74 .

Arianto, N. &. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt n Pepper Pada PT Mitra Busana Sentosa Bintaro. Kreatif :Pemasaran,Sumberdaya Manusia dan Keuangan Vol.6 No.2, 143-154.

CNNindonesia. (2020, Juli 07). Belanja Online Naik 400 Persen Saat Musim Corona. Retrieved from cnnindonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200707172450-92-521925/belanja-online-naik-400-persen-saat-musim-corona

Devita, V. F. (n.d.). Pengguna Aktif Bulanan Aplikasi E-commerce dan Asia Tenggara. Retrieved from iprice: https://iprice.co.id/trend/insights/pengguna-aktif-bulanan-aplikasi-e-commerce-di-indonesia-dan-asia-tenggara/

Fahrevi, S. &. (2018). Pengaruh Harga,Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee.co.id. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-15.

Gain, R. H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 142-150.

Kotler, P. &. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mujiyana & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@TI Undip Vol.8 No.3, 143-152.

Nasution, S. L. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan,Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. ECOBISMA Vol.7 No.1, 43-53.

Silaban, B. &. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. ESENSI, Vol.20 No.2, 1-28.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tulanggow, S. T. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT.Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.9 No.3, 35-43.

Tunnufus, Z. &. (2019). Pengaruh Harga Dan Jenis Media Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee Di Kabupaten Lebak. The Asia Pacific Journal of Management Studies Vol.6 No.1, 31-40.

Wona, R. N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kepercayaan Belanja Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs Lazada.co.id. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen Vol.2 No.2, 1-5.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ida Rosita Sari, Harti Harti


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan