Pengaruh social media marketing dan e-wom terhadap minat beli produk geoffmax

Arvi Nurizza Ardhiansyah, Novi Marlena

Abstract


Tujuan Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh social media marketing dan e-word of mouth terhadap minat beli produk GeoffMax. Jenis penelitian yakni penelitian kuantitatif dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan non probability sampling, dengan total 100 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian yaitu pengguna aplikasi Instagram dan followers dari akun Instagram @geoff_max. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel social media marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y) produk GeoffMax, variabel e-word of mouth (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y) produk GeoffMax, dan variabel social media marketing (X1) dan e-word of mouth (X2) secara bersamaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli (Y) produk GeoffMax.

 


Keywords


social media marketing; e-word of mouth; minat beli

References


Abzari, M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. N. (2014). Analysing the Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 822–826. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.483

Admoko. (2012). Instagram handbook. Media Kita.

Alrwashdeh, M., Emeagwali, O. L., & Aljuhmani, H. Y. (2019). The effect of electronic word of mouth communication on purchase intention and brand image: An applicant smartphone brands in north Cyprus. Management Science Letters, 9(4), 505–518. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.1.011

Anggitasari, S. R., Hurriyati, R., & Wibowo, L. A. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 6. https://doi.org/10.17509/jimb.v8i1.12655

As’ad, Abu-Rumman, H., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res, 3(1), 315–326.

Azmar, & Patria Laksamana, P. . (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PADA PERGURUAN TINGGI Azmar. Azmar Azmar@perbanas.Id Alumni Pascasarjana Perbanas Institute, 2, no 2(file:///C:/Users/COMPUTER/Downloads/34-1-116-1-10-20180728.pdf), 13.

Bona Aripin Sinaga dan sulistiono. (2020). Pengaruh E-WOM dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Beli pada Produk Fashion Eiger. Vol. 8 No.

Buttle, F. A. (1998). Word of mouth: Understanding and managing referral marketing. Journal of Strategic Marketing, 6(3), 241–254. https://doi.org/10.1080/096525498346658

Cahyani, W. (2021). PENGARUH SALES PROMOTION DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BIOSKOP MELALUI APLIKASI TIX ID ( Studi pada Pengguna Aplikasi TIX ID di Surabaya ) Wiwik Cahyani. 9(1), 1055–1061.

Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2010). The effectiveness of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis. In 23rd Bled eConference eTrust: Implications for the Individual, Enterprises and Society - Proceedings (pp. 329–345).

Effendy. & Uchjana, O. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Erkhan & Evans. (2016). The influence of eWOM in social media on consumers’ purchase intentions: An extended approach to information adoption. 61, 47–45.

Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, M. A. (2020). PENGANTAR E-MARKETING - Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M.M - Google Books. CV. Penerbit Qiara Media-Pasuruhan, Jawa Timur. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Wk4CEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA40&dq=e+marketing+menurut+para+ahli&ots=E1ZPlcpMVq&sig=ZDyyCrE2gDGNr5Dv01kXj3TgtQI&redir_esc=y#v=onepage&q=e marketing menurut para ahli&f=false

Goyette et al. (2010). eâ€WOM Scale: wordâ€ofâ€mouth measurement scale for eâ€services context.

Gunelius, S. (2011). 30-Minutes SOCIAL MEDIA Marketing.

Hanifati & Samiono. (2018). ANALISIS PENGARUH WEBSITE QUALITY DAN EWOM TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI ONLINE TRUST PADA SITUS TIKET TRAVEL DAN RESERVASI HOTEL ONLINE DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA TRAVELOKA.COM, TIKET.COM DAN PEGIPEGI.COM). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Heuer, C. (2012). Measuring-and capturing-the value of social media. The Wall Street Journal.

Hu, X. (2014). Who Are Fans of Facebook Fan Pages? an Electronic Word-of-Mouth Communication Perspective. International Journal of Cyber Society and Education, 7(2), 125–146. https://doi.org/10.7903/ijcse.1156

Ikmah, & Widawati, A. S. (2018). Penerapan Ecommerce Untuk Pemasaran Pada Usaha Handycraft. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, November(November), 169–174.

Kerpen. (2011). Likeable Social Media. United States: McGraw-Hill.

Kotler & Keller. (2012). Marketing Management. Pearson Education.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://doi.org/10.14710/jab.v7i1.22571

Laksmi & Oktafiani. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth sebagai Media Promosi Terhadap Minat Beli pada followers Instagram Tix Id. 5(1), 1000–1009.

Leon G. Schiffman, Leslie Lazar Kanuk, J. W. (2010). Consumer Behavior (Global edi). Pearson Higher Education, London, 12.

Mayfields, A. (2008). What is Social Media? An eBook from iCrossing. http://www.icrossing.com/uk/sites/default/files_uk/insight_pdf_files/What is Social Media_iCrossing_ebook.pdf

Mulyansyah, G. T. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103.

Nafisah. (2018). PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ( Studi Kasus pada Produk Pakaian Wanita Aris Grosir di Kabupaten Bantul ). 166–179.

Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Philip, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing How Smart Companies Get People Talking. Greenleaf Book Group Press.

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Spears, N., & Singh, S. N. (2004). Measuring attitude toward the brand and purchase intentions. Journal of Current Issues and Research in Advertising, 26(2), 53–66. https://doi.org/10.1080/10641734.2004.10505164

Sugianto. (2016). Pengaruh Website Quality, Electronic Word-of-Mouth, Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Zalora. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Trusov, M. (2009). Effects of Word-of-Mouth versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site.

Urban, G. L. (2004). Digital Marketing Strategy. Pearson Prentice Hall.

Vernia, D. M. (2017). PDF.js viewer.pdf. OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA.

Vinerean, S., Cetina, I., Dumitrescu, L., & Tichindelean, M. (2013). The Effects of Social Media Marketing on Online Consumer Behavior. International Journal of Business and Management, 8(14), 66–79. https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n14p66

Wardhani. (2019). Jumlah Pengguna Instagram dan Facebook Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia - Tekno Liputan6.com. Www.Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/3998624/jumlah-pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-4-di-dunia

Wenny Kartika Susanto Dan Keni. (2019). Pengaruh Social Network Marketing (Snm) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6), 68–74. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i6.4910

Zarrella, D. (2009). The Social Media Marketing Book - Dan Zarrella - Google Books. https://books.google.co.id/books?id=chd3yfExXMEC&printsec=frontcover&dq=Zarrella,+Dan.+2010.+The+Social+Media+Marketing+Book&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwihydqZhJjvAhWPbysKHWDPDfwQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q&f=false




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arvi Nurizza Ardhiansyah, Novi Marlena


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan