Strategi promosi kreatif dan strategi pemasaran inteksin dalam meningkatkan penjualan

Taat Kuspriyono, Ana Ramadhayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Strategi kreatif dan strategi pemasaran inteksin dalam meningkatkan penjualan. Dalam promosi terdapat strategi dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan.  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 400. Sementara itu metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi serta uji korelasi. Hasil penelitian menjukkan bahwa hubungan korelasi antara Strategi Promosi Kreatif (X1) terhadap Meningkatkan Penjualan (Y) sebesar 0,910 atau mendekati angka satu sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan sangat erat. Sementara itu hubungan korelasi antara Strategi Pemasaran Inteksin (X2) terhadap Meningkatkan Penjualan (Y) sebesar 0,969  atau mendekati angka satu sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan sangat erat. Sementara itu uji korelasi menujukkan Hubungan korelasi antara Strategi Promosi Kreatif (X1) terhadap Meningkatkan Penjualan (Y) sebesar 0,910 atau mendekati angka satu sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan sangat erat. Hubungan korelasi antara StrategiPemasaran Inteksin (X2) terhadap Meningkatkan Penjualan (Y) sebesar 0,969  atau mendekati angka satu sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan sangat erat. Berdasarkan dari hasil penelitin ini penulis berharap agar dalam melakukan transaksi jual beli sebaiknya para penjual dapat lebih kreatif lagi dalam melakukan promosi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan lebih tinggi lagi dari sebelumnya

Keywords


Strategi promosi; pemasaran inteksin; penjualan

References


Aziz, Ahmad Fahmi, Utami, Budi dan Hidayat, M. Syamsul. Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatanvolume Penjualanproduk. Universitas Islam MajapahitMojokerto.

Duwi, P. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: ANDI.

Dwiastuti, R. (2017). Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian Dilengkapi pengenalan Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi Kuantitatif-Kualititaif. Malang: UB Press

Dini, Ragil Rahma dan Rangkuti, Sahnan, 2019. Analisis Strategi Promosi Dan Kebijakan Penetapan Harga Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Benang Pancing Di Cv. Sinar Mas Indoperkasa Mabar Hilir Medan. Jurnal Bisnis Net Volume : II N0. 2 Juli – Desember 2019 | ISSN : 2621-3982.

Farid. (2017). Kewirausahaan Syariah. Jakarta: Kencana.

Hamdani, Muliawan, dan Santoso, P. B. (2017). Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.

Nurida dan Ernawat, Sri dengan judul Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pengguna Handphone Oppo Di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR(Ekonomi Manajemen Orientasi Riset)Vol. 3, No 2, hal 1 –15. e-ISSN : 2581 –2262p-ISSN : 2579 -4744.

Nuryani dan Suryano, Deni. 2019. Strategi Pemasaran Kontemporer. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Nurhaedah dan Nurlaela. 2018. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Produk Paytren melalui Media Online. Journal of Business Administration Vol 1 No 1-October 2018.

Payadnya, Putu Ade Andre dan Jayantika, G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Priyatno, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: ANDI.

Purnomo, A. kurniawan. (2019). . Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah Dengan IBM SPSS. Surabaya: Jakad Publishing.

Putri, Rami Syah dan Safri, Indra. 2015. Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada Pt. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Jurnal Valuta Vol 1 No 2, Oktober 2015, 298-321.ISSN : 2502-1419

Riyanto, Slamet & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Saleh, Muhammad Yusuf & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar: CV Sah Media.

Saprijal, Makmur. 2015. Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (Studi Pada SMart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Vol.3No.1.

Syam, Widiastira Taha. Pengaruh Pelayanan Kartu Prabayar Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen . Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR(Ekonomi Manajemen Orientasi Riset)Vol. 3, No 2, hal 173-180. e-ISSN : 2581 –2262p-ISSN : 2579 -4744.

Sari, Indra Anjang, Riniwati, Harsuko dan Harahap, Nuddin. 2015. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hatni (Hasil Alam Tani Nelayan Indonesia) Di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jurnal ECSOFiM Vol. 3 No. 1, 2015.

Syaleh, Hariman.2017. The Effect Of Product Quality, Price, Promotion And Distribution Place On Purchashing Decision Of Yamaha Motorcycle In Cv. Tjahaja Baru Bukittinggi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING) Volume 1 No 1, Desember 2017 e-ISSN : 2597-5234.

Samosir, Charlie Bernando Halomoan dan Prayoga K, Arief Bowo 2015. Jurnal Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.Volume 1, Nomor 3, November 2015

Tyasmara, Irena Wulan. 2016. Strategi Promosi Surat Kabar Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Visi Komunikasi/Volume 15,No.02, November2016,189-203

Verina, Yulianto dan Latief, 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada

Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang berlokasi di Indonesia).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 10 No. 1 Mei 2014| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id.

Wahyuni H. 2019. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Hadji Kalla Cabang Gowa. Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualittaif & Penelitian gabaungan. Jakarta: Kencana.

Zulfikar. (2012). Pengantar Pasar Modal Dengan Pendekatan Statistika. Deepublish: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Taat Kuspriyono, Ana Ramadhayanti


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan