Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, pendidikan keuangan keluarga, kontrol diri terhadap manajemen keuangan mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai moderating

Maya Zuniarti, Rochmawati Rochmawati

Abstract


Mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi seharusnya mempunyai sikap keuangan yang tepat karena telah memperoleh ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan keuangan. Akan tetapi pada kenyataan yang terjadi justru permasalahan dalam perilaku manajemen keuangan pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya menjadi sebuah sorotan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh yang terjadi pada pembelajaran akuntansi keuangan, pendidikan keuangan keluarga, dan kontrol diri terhadap perilaku manajemen keuangan dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan penggunaan kuesioner sebagai instrument dalam pengambilan data. Populasi penelitian ini yakni Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya angkatan 2017 dan 2018 . Jumlah sampel sebanyak 125 mahasiswa dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan yakni uji regresi linier berganda serta MRA. Hasil dari penelitian membuktikan terdapat pengaruh positif serta signifikan pembelajaran akuntansi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, terdapat pengaruh yang negatif serta signifikan pada variabel pendidikan keuangan keluarga terhadap perilaku pengelolaan keuangan, dan terdapat pengaruh positif serta signifikan kontrol diri terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Pada output uji MRA menunjukkan literasi keuangan memperkuat pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, pendidikan keuangan keluarga dan kontrol diri terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Saran yang dapat diberikan pada hasil penelitian ini yakni diharapkan mahasiswa dapat percaya bahwa perilaku dalam mengelola keuangan itu sangat penting dan juga bermanfaat dalam kehidupannya baik sekarang atau nanti. Mahasiswa juga perlu dalam memperbaiki perilaku keuangannya dengan cara dapat membuat anggaran keuangan pribadinya secara rutin.


Keywords


Manajemen keuangan; pembelajaran akuntansi keuangan; pendidikan keuangan keluarga; kontrol diri; literasi keuangan

References


Akben-Selcuk, E. (2015). Factors Influencing College Students’ Financial Behaviors in Turkey: Evidence from a National Survey. International Journal of Economics and Finance, 7(6). https://doi.org/10.5539/ijef.v7n6p87

Calamato, M. P. (2011). Learning Financial Literacy in the Family. ProQuest, 1(December), 1–19. http://ezproxyucdc.ucatolica.edu.co:2053/docview/849722542/abstract/528FDFB65AE84F45PQ/162?accountid=45660

Chotimah, Chusnul; Rohayati, S. (2015). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2), 3.

ERAWATI, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Dan Pengalaman Bekerja Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(1), 1–7.

Gunawan, A., Pirari, W. S., & Sari, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Ade. Jurnal Humaniora, 4(2), 23–35.

Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6042

Lusardi, A. (2019). Financial literacy and the need for financial education: evidence and implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Nasihah, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) UNESA, 7(3), 336–341.

Nidar, S. R., & Bestari, S. (2012). Personal Financial Literacy Among University Students (Case Study at Padjadjaran University Students , Bandung , Indonesia). World Journal of Social Sciences, 2(4), 162–171.

Nurhidayah, V., Utari, W., & Hartati, C. S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Perencanaan Keuangan Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan. Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016. Survey Report, 1–26. www.ojk.go.id

Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Locus of Control dan Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(1), 96–112. https://doi.org/10.24252/minds.v6i1.9274

Saraswati, E., Rispantyo, & Kristianto, D. (2017). Pengaruh Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi DanSistem Teknologi Informasi, 13(2), 218–229.

Shalahuddinta, A., & Susanti. (2014). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja, dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–10.

Shim, S., Barber, B. L., Card, N. A., Xiao, J. J., & Serido, J. (2010). Financial Socialization of First-year College Students: The Roles of Parents, Work, and Education. Journal of Youth and Adolescence, 39(12), 1457–1470. https://doi.org/10.1007/s10964-009-9432-x

Sugiharti, H., & Maula, K. A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 4(2), 804–818. https://doi.org/10.35706/acc.v4i2.2208

Susanti, N., Rahmayanti, R., Padmakusumah, R. R., & Susanto, R. (2019). Factors affecting students’ financial literation: A study on widyatama university, indonesia. Universal Journal of Educational Research, 7(5), 7–14. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071502

Udayanthi, N. O., Herawati, N. T., & Julianto, I. P. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Pembelajaran dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(2), 195–208.

Utami, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Dengan Literasi Keuangan Sebagai Variabel Moderasi (Vol. 1, Issue 1). https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf

Widayati, I. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2, No. 2(2), 176-183j.

Yulianti, N., & Silvy, M. (2013). Sikap Pengelola Keuangan Dan Perilaku Perencanaan Investasi Keluarga Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 57–68.

Zaidi, I. H., & Mohsin, M. N. (2013). Locus of control in graduation students. International Journal of Psychological Research, 6(1), 15–20. https://doi.org/10.21500/20112084.695




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.9609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Maya Zuniarti, Rochmawati Rochmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan