Kesadaran investasi generasi milenial di DKI Jakarta Indonesia

Henny Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran investasi generasi milenial di wilayah DKI Jakarta, Indonesia. Selain itu juga untuk mengetahui jenis investasi yang menjadi pilihan generasi milenial dan apa pertimbangan mereka. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang berdomisili ataupun bekerja di DKI Jakarta. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran investasi generasi milenial di DKI Jakarta sangat tinggi. Adapun pilihan investasi terbesar yaitu pada properti dan saham. Properti dipilih dengan pertimbangan lebih aman, risiko rendah, dan harga cenderung naik di masa mendatang. Saham dipilih dengan pertimbangan dapat memberikan return yang lebih tinggi, dapat memberikan capital gain dan deviden dalam jangka panjang, serta mudah dalam pembelian dan penjualannya.


Keywords


Investasi; kesadaran investasi; generasi milenial

References


Atchyuthan, N., & Yogendrarajah, R. (2017). A Study of Investment Awareness and Preference of Working Women in Jaffna District in Sri Lanka. Asia Pacific Journal of Research, 1(L1), 105–113.

Badan Pusat Statistik. (2020a). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2020. BPS. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1

Badan Pusat Statistik. (2020b). Laporan Perekonomian Indonesia 2020. Badan Pusat Statistik.

Bajracharya, R. B., & Mathema, S. B. (2017). A Study of Investors Preference towards Mutual Funds in Kathmandu Metropolitan City, Nepal. Journal of Advanced Academic Research (JAAR), 4(II), 130–138. https://doi.org/10.3126/jaar.v4i2.19543

Bareksa. (2013). Investasi Berdasarkan Risiko dan Jangka Waktu. 7 Desember 2013. https://www.bareksa.com/berita/id/text/2013/12/06/investasi-berdasarkan-risiko-dan-jangka-waktu/648/investasi dan lainnya

Berkup, S. B. (2014). Working With Generations X and Y in Generation Z Period; Management of Different Generations in Business Life. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(19), 218–229.

Bhattacharjee, J., & Singh, R. (2017). Awareness About Equity Investment Among Retail Investors: A Kaleidoscopic View. Qualitative Research in Financial Markets, 9(4), 310–324.

Fatimah, V., & Trihudiyatmanto, M. (2021). Faktor Determinan Keputusan Investasi: Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Sosiodemografi. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 02(02), 39–53.

Gautama, I. Y. B. (2020). Analisa Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Studi Kasus: Pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi pada PT Phintraco Securitas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2(1), 49–70.

Lokhande, M. A. (2015). A Study of Investment Awareness and Pattern of Savings and Investment of Rural Investors. Indian Journal of Finance, 9(7), 22–44. https://doi.org/10.17010//2015/v9i7/72351

Mane, S., & Bhandari, R. (2014). A Study of Investor’s Awareness and Selection Of Different Financial Investment Avenues for the Investor in Pune City. International Research Journal of Business and Management (IRJBM), IV, 45–51.

Mishra, B. P., & Mishra, S. K. (2020). A Study on Investor Awareness and Preference of Mutual Funds with Reference to Index Funds. Journal of Critical Reviews, 7(11), 3294–3303.

Noptriyani, I., Ahmadsyah, I., & Aufa, S. (2020). Faktor-Faktor yang Menjadi Penghambat bagi Mahasiswa dalam Memiliki Investasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(1), 82–109.

Onasie, V., & Widoatmodjo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, II(2), 318–326.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2020). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. 2020. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx

Parulian, & Aminnudin, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 131–140.

Prasasti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan Perilaku Milenial: Peluang Atau Ancaman Bonus Demografi. Jurnal Consilia, 3(1), 10–22.

Pribadi, Y. (2020). Preferensi Generasi Milenial Untuk Berinvestasi Sukuk. I-FINANCE: A Research Journal on Islamic Finance, 06(02), 80–89.

Priswari, D. N., & Munari. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Generasi Milenial. Conference on Economic and Business Innovation, 1, 1–11.

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. (2020). Pencapaian Tahun 2020 dan Rencana Strategis 2021. In KSEI. https://www.ksei.co.id/files/KALEIDOSKOP_2020-FINALE.pdf

Rahadi, D. R., & Stevanus, Y. (2020). Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen Investasi Masa Depan : Studi Literatur. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 03(02), 162–177.

Safryani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 319–332.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Henny Saraswati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan