Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam pengambilan keputusan pinjaman KUR

Risma Nurdini, Kosasih Kosasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Pengambilan Keputusan Pinjaman KUR di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Cikampek - Unit Juanda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian analisis faktor, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel di kumpulkan menggunakan Teknik Random Sampling dengan jumlah sampel 222 responden dan di olah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil pengolahan pada analisis faktor terdapat sembilan faktor baru yang terbentuk yaitu Faktor Persfektif Pengunjung terdiri dari variabel Nilai Usaha, Nilai Agunan, Lebih Dari Agunan, Kemudahan Prosedur, Bantuan dan Bimbingan, Lokasi Strategis dan Dekat Lokasi Rumah.


Keywords


Analisis factor; keputusan pinjaman

References


Apriliani, Sinta (2021) Peranan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Terhadap Perkembangan Umkm (Studi Pada Bank Bri Syariah Unit Kepahiang). Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

Arbana Syamantha, N. S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Menggunakan Jasa Ojek Online (GO-JEK). Psikologi Prima, 1(1), 27–38.

Dian Efriyenty dan Viola Syukrina E Janrosi. (2017). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Kredit Oleh Pelaku Usaha Kecil Menengah Pada Debitur Bank Perkreditan Rakyat Kota Batam

Handra Tipa, Mortigor Afrizal Purba. (2018). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Kredit Oleh Pelaku Usaha Property Di Kota Batam

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian (2021) Realisasi Penyaluran KUR Tahun 2021. Diakses pada 12 Febuari 2021, dari http://kur.ekon.go.id/realisasi_kur/2021/6

Kuncoro, Engkos ahmad dan Adithya Wiranegara (2010) Pengaruh Promosi dan Atribut produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Telkom Speedy, Jurnal Manajemen Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (I.S.E.I), 1(1)

Sari, Fitri Ratna (2014) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zahro, Binti Inazatuz (2010) Peranan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Lkms) Serta Pengaruhnya Terhadap Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Sebagai Penggerak Perekonomian Di Indonesia. FEB Universitas Airlangga, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Risma Nurdini, Kosasih Kosasih


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan