Penentuan harga jual produk dengan pendekatan full costing
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.10102Keywords:
Harga jual, cost-plus pricing, full costingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penentuan harga jual menurut UKM Keripik Singkong Sabrina dengan penentuan harga jual menurut teori akuntansi biaya. Alat analisis yang digunakan adalah metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing. Data yang digunakan untuk penelitian ini bersumber dari perusahaan secara langsung pada bulan Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukan harga jual keripik singkong untuk varian rasa asin yang ditentukan oleh UKM Singkong Sabrina lebih tinggi dibanding harga jual keripik singkong untuk varian rasa asin yang ditentukan dengan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing, dengan selisih Rp. 1.095,85. Sedangkan harga jual keripik singkong untuk varian rasa pedas manis yang ditentukan UKM Singkong Sabrina lebih rendah dibanding harga jual keripik singkong untuk varian pedas manis yang ditentukan dengan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing, dengan selisih Rp. 246,13.References
Gayatri, W. (2013). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Metode Cost Plus Pricing Pada Pt.Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1817–1823.
Halim, A., Supomo, B., & Kusufi, M. S. (2013). Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial) (2nd ed.). BPFE. Yogyakarta.
Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya (5th ed.). Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
