Penentuan harga jual produk dengan pendekatan full costing

Authors

  • Aspyan Noor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia
  • Satrio Endriatomo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.10102

Keywords:

Harga jual, cost-plus pricing, full costing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penentuan harga jual  menurut UKM Keripik Singkong Sabrina dengan penentuan harga jual menurut teori akuntansi biaya. Alat analisis yang digunakan adalah metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing. Data yang digunakan untuk penelitian ini bersumber dari perusahaan secara langsung pada bulan Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukan harga jual keripik singkong untuk varian rasa asin yang ditentukan oleh UKM Singkong Sabrina lebih tinggi dibanding harga jual keripik singkong untuk varian rasa asin yang ditentukan dengan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing, dengan selisih Rp. 1.095,85. Sedangkan harga jual keripik singkong untuk varian rasa pedas manis yang ditentukan UKM Singkong Sabrina lebih rendah dibanding harga jual keripik singkong untuk varian pedas manis yang ditentukan dengan metode cost-plus pricing dengan pendekatan full costing, dengan selisih Rp. 246,13.

References

Gayatri, W. (2013). Penentuan Harga Jual Produk Dengan Metode Cost Plus Pricing Pada Pt.Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1817–1823.

Halim, A., Supomo, B., & Kusufi, M. S. (2013). Akuntansi Manajemen (Akuntansi Manajerial) (2nd ed.). BPFE. Yogyakarta.

Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya (5th ed.). Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara. Yogyakarta.

Published

2021-09-10

Issue

Section

Articles