Pengaruh efektivitas pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dengan self efficacy sebagai moderasi

Hemas Nur Imama, Rochmawati Rochmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh efektivitas pembelajaran dengan google classroom dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar dan dengan self efficacy sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat hasil belajar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan program analisis statistik WarpPLS 7.0. Sampel penelitan adalah kelas XI AKL SMK Negeri 1 Surabaya sejumlah 119 siswa, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efektivitas pembelajaran dengan google classroom (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y), (2) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (3) self efficacy berpengaruh terhadap hasil belajar namun tidak memoderasi pengaruh efektivitas pembelajaran dengan google classroom terhadap hasil belajar, (4) self efficacy tidak memoderasi pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar.


Keywords


Efektivitas pembelajaran; google classroom; kemandirian belajar; hasil belajar; self efficacy

References


Agustinawati, N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMAN 7 Cirebon. In Jurnal Pendidikan Sejarah (Vol. 3, Nomor 2, hal. 1). https://doi.org/10.21009/jps.032.01

Ahmad, Nuzula, F., & Khalid, M. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALI DARUL FALAH BATU JANGKIH. Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, XIII(1), 67–82.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921

Boekaerts, M. (1999). Self-regulated learning: where we are today. International Journal of Educational Research, 31(6), 445–457. https://doi.org/10.1016/S0883-0355(99)00014-2

Fauzan, & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 271. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.5149

Hayutika, T. L., & Subowo. (2016). Pengaruh Cara Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 679–692.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA (hal. 84–99).

Huang, C. (2016). Achievement goals and self-efficacy: A meta-analysis. Educational Research Review, 19, 119–137. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.07.002

Ibrahim, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah SMA Negeri 1 Parung. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(1), 29–39. https://doi.org/10.21009/jps.071.02

Joo, Y. (2000). Self-Efficacy for Self-Regulated Learning , Academic Self-Efficacy , and Internet Self-Efficacy in Web-Based Instruction. 48(2), 5–17.

Kusuma, D. A. (2020). DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF-REGULATED LEARNING) MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169–175.

Mirzawati, N., Neviyarni, N., & Rusdinal, R. (2020). The Relationship between Self-efficacy and Learning Environment with Students’ Self-directed Learning. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 37–42. https://doi.org/10.24036/4.14343

Muhammad, I. (2020). PENGARUH PERKULIAHAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(1), 24–30.

Mujisuciningtyas, N. (2014). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK DI SMK NEGERI 2 TUBAN. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 103–115.

Nur, W. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN E- LEARNING / ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI TINGKAT II UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI SELAMA PANDEMI COVID ’ 19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri, September, 498–508.

Nurkholis, E., Miarsyah, M., & Indrayanti, R. (2018). The Influence of Self-Efficacy and Learning Independence Againts The Outcomes of The Study Material on Ecosystem Biology High School Student of Grade X. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 75–80. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.597

Peng, H., Wang, Y., & Huang, R. (2006). Moderating Role of Online Self-Efficacy in Relation between Learning Strategy and Online Performance. Learning by Effective Utilization of Technologies: Facilitating Intercultural Understanding, Proceeding of the 14th International Conference on Computers in Education, ICCE 2006, March 2014, 2–6.

Pramestiningrum, K., & Listiadi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Penguasaan Akuntansi Perusahaan Manufaktur , Bahasa Inggris Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi ( Myob ) Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3), 275–281.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Saadi, F. (2013). PENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA TEPAT GUNA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 TOHO. 53(9), 1689–1699.

Sari, E. N., & Zamroni. (2019). THE IMPACT OF INDEPENDENT LEARNING ON STUDENTS’ ACCOUNTING LEARNING OUTCOMES AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24776

Shampa, I. (2016). Google classroom: What works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12–18.

Sihaloho, L. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5671

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah Di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 39–44.

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Susanti, L. (2016). HUBUNGAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI PEMBELAJARAN EFEKTIF DAN PAPERLESS TERHADAP NILAI HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA CHARIS-MALANG. INOVASI PENDIDIKAN DI ERA BIG DATA DAN ASPEK PSIKOLOGINYA, 253–258.

Syahputri, N. (2015). Pengukuran Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Model Self-Directed Learning. Seminar Nasional Informatika 2015, 292–297.

Tuhardjo, Juliardi, D., & Arief Rafsanjani, M. (2016). The Effect of Learning Effectiveness and Self-Efficacy on Intermediate Financial Accounting I Learning outcome. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 21(09), 01–09. https://doi.org/10.9790/0837-2109080109

Tukiran, Ni’mah, C., & Nasrudin, H. (2020). Effectiveness Of Learning Media Using Argument Driven Inquiry (ADI) Learning Model To Increase Students’ Learning Outcomes And Self Efficacy. Atlantis Highlights in Chemistry and Pharmaceutical Sciences, 1, 106–108. https://doi.org/10.2991/snk-19.2019.26

Umairah, P. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan “Google Classroom†Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Xi Ips 4 Sman 1 Bangkinang Kota. Journal On Education, 02(03), 275–285.

Wibowo, L. A., Sihaloho, L., & Rahayu, A. (2018). The Role of Self Efficacy in Improving Student Metacognitive Skills. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 4(3), 130–141. https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p130

Wijaya, A. (2016). Analysis of Factors Affecting the Use of Google Classroom to Support Lectures. International Conference on Information Technology and Engineering Application, 5(1), 61–68.

Wiyono, W. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran kemandirian siswa sekolah menengah pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 180. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3398

Yohana, Muzakir, & Dina, H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin. Jurnal Tirai Edukasi, 1(4), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.10083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hemas Nur Imama, Rochmawati Rochmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan